Rabu, Februari 06, 2008

MEMUPUK KREATIVITAS

Menjadi copywriter, bekerja di departemen kreatif, tentunya tantangan terbesarnya adalah... harus tetap kreatif! Nah, apakah anda percaya bahwa anda kreatif? Jika anda percaya bahwa anda kreatif, maka anda telah memulai satu langkah! Ya, untuk bisa berfikir kreatif, maka seseorang harus terlebih dulu percaya dan yakin bahwa dia kreatif! Dengan kepercayaan ini, dia akan mencoba segala cara dan menemukan jalannya.

Saya selalu percaya, bahwa creativity is an attitude: dia harus menjadi bagian integral dari pribadi kita. Ia harus menjadi kelakuan kita sehari-hari, menjadi cara berfikir kita setiap saat! Kreatif adalah mencari cara dan atau jalan yang tidak biasa, yang baru, yang lain daripada yang lain, yang tidak me too. Kreatif adalah to be able to stand out from the crowd. Karena itu pula, orang-orang kreatif biasanya aneh-aneh, gila-gila, eksentrik.

Kreativitas dalam periklanan akan tampak pada hasil karya, pada brainstorming session, pada presentasi, bahkan pada saat briefing! Kreativitas adalah output dari otak kita. Oleh karena itu, agar otak tidak menjadi ‘kering’, maka ia harus diberi input sebanyak-banyaknya. Berilah input dengan cara:
- membaca apa saja
- nonton apa saja
- jalan-jalan kemana saja
- bergaul dengan siapa saja
- mendengar apa saja
- mencoba segala hal
- makan apa saja
- belajar apa saja
- mendapat pengalaman sebanyak-banyaknya
- selalu ingin tahu
- membuka semua inderanya dan mengamati apa yang terjadi di dunia sekitarnya
menjadi orang kratif berarti selalu menjadi spon (bukan spongebob lho ya?) dimana pun ia berada, menjadi penyerap segala informasi, tanpa proteksi.

Saya pernah kenal dengan seorang writer handal yang selalu membawa-bawa notes dalam sakunya. Ia akan mencatat segala sesuatu yang menarik hatinya, mengumpulkan karakter berbagai macam manusia yang dikenalnya, yang dianggapnya unik.
“sapa tahu bisa jadi karakter di radio spot aku” begitu katanya.

Menjadi kreatif berarti menjadi pengamat yang baik. Selebihnya, hanyalah pengetahuan tentang berbagai tehnik berfikir kreatif seperti: brainstorming, the six hat, the matrix, dll. dsb.

Tapi di atas semua, kreativitas adalah attitude yang harus dimiliki semua orang yang ingin bekerja di bagian kreatif!

Tidak ada komentar: