Kamis, Januari 20, 2011

GIMANA SIH CARANYA MENENTUKAN RATE CARD/FEE UTK PEKERJAAN FREELANCE?

Ini adalah pertanyaan yang cukup banyak dilontarkan oleh anggota forum, dan saya yakin juga oleh pembaca blog ini. Tul nggak?!

Ketika kita sudah punya portfolio, sudah pede dengan kemampuan diri,maka kita sudah siapuntuk mengambil kerjaan freelance atau part time. Masalah kemudian timbul ketika sang calon client meminta kita untuk mengirimkan rate card. Nah, lho. Sebenarnya seberapa banyak sih yang bisa kita minta? Berapa kah harga yang pantas untuk suatu pekerjaan, sebuah naskah? Apa acuanya?!!

Nah,berikut ini saya cuplikkan tanya jawab di forum copywritingskill.com mengenai hal ini ya, semoga bermanfaat!

mba' Nunu aku tertarik nieh dgn job dr B*****e tp gmn menentukan rate card ya? mohon bantuannya...

thx a lot mba'


dan berikut adalah jawaban saya:

rate card itu sebenarnya terserah kita kok...kamu relanya dibayar berapa? Gitu aja! Kerj kretif itu ga ada standarnya, karenakualitas kerjaan setiap orang itu beda-beda.

Kamu kira-kira aja kerjaanya bakal sesulit apa, deadlinenya bakal se tight apa,nah...elemen itu yg akan jadi penentu mahal-tidaknya suatu pekerjaan.

Oh ya, offcourse juga seperlu apakita thd pekerjaan itu..! Kalo lagi ngebet mau dapet uang jajan...ya bolehlah...dibayar agak miring... sah-sah aja kok...

ini adalah contoh rate card yg aku punya...semoga bisa jadi acuan ya?!


NUNU’S RATE, 2010:

(isinya disensor ya, bukan untuk dipublish umum, tapi khusus utk anggota forum aja, ga enak soalnya masalah "angka")

Tidak ada komentar: