Rabu, November 19, 2014

WARTAWAN MAU JADI COPYWRITER?? BACA INI DULU...!

Barusan ada email dari seorang wartawan yang mengaku mau alih profesi jadi copywriter.  Dia nanya pendapat saya, cukupkah bekal pengalaman sebagai jurnalis untuk melamar jadi copywriter?

Heheheheheeee......ga cukup keleessss!   Dan inilah jawabanya:!!

Meskipun sama-sama pekerjaanya itu menulis, tetapi profesi copywriter itu sangaaat....sangat...berbeda dengan jurnalis.  Bahkan, kalau bisa saya bilang, seorang wartawan yang ingin beralih profesi sebagai copywriter itu harus dicuci otak dulu kalau mau jadi copywriter!
Haha!!

Ya, dari segi penulisan saja, "aturana' yang harus dianut oleh wartawan dan copywriter itu sudah berlawanan; seperti:
Penulisan jurnalisme itu harus factual, netral dan tidak memihak, sementara itu
penulisan copywriting harus suggestif-persuasif untuk bisa mempengaruhi orang dengan tujuan tertentu

Belum lagi dari cara kerjanya, udah beda banget:
wartawan harus lincah mengejar berita dan hampir 90% hidupnya di lapangan
copywriter kebanyakan di dalam kantor, berbrainstorming dengan tim, dan banyak menggali ide-ide baru...ke lapangan hanya kalau shooting atau recording

Terus, tipe orang yang dicari untuk wartawan juga beda dengan untuk copywriter lho?
wartawan biasanya dicari yang lincah, kepo, ramah, mudah bergaul dengan orang, suka 'ngejar' narasumber
copywriter sebaliknya dicari yang kreatif, suka mikir, kuat pendapatnya (karena harus presentasi dan mempengaruhi client)...jadi, copywriter itu lebih ber tipe seperti "narasumber" ketimbang wartawan

Tuuuuh....beda banget kan..?!!  Masih minat?

Kalau setelah semua penjabaran saya mengenai perbedaan ini kamu masih ngerasa cocok jadi copywriter, silahkan. 

 Untuk memulai, kamu bisa baca bukuku ini sebagai "bekal" untuk memasuki dunia periklanan sebagai copywriter.....: Modern School of Copywriting - How to Become a Good Copywriter

Rabu, Agustus 27, 2014

LOWONGAN COPYWRITER DI AGENCY JEPANG LOKASI JAKARTE

Dicari copywriter utk menangani merek mobil. #sekian -- harap maklum, kami kurang ahli membuat copy yang ciamix, makanya butuh :p -- langsung aja kirim CV dan portfolio ke budi.santoso@hakuhodolotus.com

Selasa, Agustus 26, 2014

KAMU GANTENG..? LOWONGAN NIH BUAT COPYWRITER GANTENG!

Publicis Indonesia lagi nyari anggota keluarga baru nih, sebagai COPYWRITER.
Mariii silakan boleh lho di share ke sanak family saudara dan teman-teman yang lain...
Syarat utama :
- Harus cakep atau ganteng mutlak
- Tahan banting
- Punya portofolio yang yahud
- Englishnya bagus yakk
- Punya attitude dan kerjasama tim yang baik.
- Passionate
- Berpengalaman kerja di advertising agency.
Kirim CV dan portofolio ke audryecclesia@gmail.com , dengan mencantumkan nama posisi yang dilamar pada subject email.
Thanks, ditunggu......... 

Selasa, Juni 17, 2014

LOWONGAN COPYWRITER NIIH...!

Agency multinasional mencari ini:

Publicis Metro Indonesia is looking for a full time copy writer, passionate on Digital and Social Media. Buzz me at ratih.gp@gmail.com if you're interested 

Jumat, November 15, 2013

SARJANA SENIRUPA ITB YANG INGIN MENJADI SEORANG COPYWRITER

Halooo...halo....halooo semuanyaaa.....!
Maafkan diriku yg telah lama absen dari blog ini... soalnya udah keasyikan dengan bisnis baru  yang field nya jauuuh...banget dari periklanan.  Naah...sekarang karena bisnis baruku udah mulai jalan dan rapi, baru sempet deh merhatiin blog naskahiklan! Heeuheu.........

Sejak Mei 2013 lalu sebenarnya saya udah ogah ngasih kursus offline karena financially ga worth it (qiqiqiqiqi...) dan hanya mau menerima client korporasi.  Saya juga lebih banyak stay di Surabaya menikmati waktu yang berjalan lambat dan menikmati ibadah tiap hari ke masjid di depan rumah... no macet, no pressure, no tight deadline, no irritating client, boss or partner.  Surgaaaaa........................ deh pokoknya!

Nah, mulai awal November ini, ada seorang sarjana senirupa ITB yang mengubungi saya untuk meminta private course.  Karena dia mau terbang ke Surabaya dan menjalani kursus intensif setiap hari, maka akhirnya saya pun mengajar juga .......!

Banyak pertanyaan calon copywriter yang intinya adalah meragukan dirinya, bisakan mereka menjadi copywriter padahal pendidikan tidak menunjang.  ya ampuuuun....rasanya saya udah memberi jawaban ribuan kali tetapi topik ini teteeup aja HOT!

Simaklah siswa terbaru saya ini, dia seorang sarjana senirupa jurusan Fine Art (bukan DKV atau Design Drafis lho!), namun karena dia punya PASSION yang tinggi untuk menjadi seorang copywriter, maka dia mau sebulan penuh tinggal di rumah saya untuk berusaha menyusun portfolio di bidang copywriting!
Intinya apa coba?  Ya.  Passion yang tinggi jauh lebih penting daripada bakat, pendidikan, kesempatan atau faktor-faktor lain.  Passion ibaratnya adalah bahan bakar dalam hidup seseorang yang akan mambu memberinya energi untuk terus maju berjalan meraih apa yang dia inginkan tanpa kenal lelah dan tanpa kenal menyerah!

Banyak sekali saya temui copywriter yang secara bakat biasa-biasa saja, namun karena passion yang tinggi maka mereka berhasil tetap eksis di industri periklanan dan bahkan terus maju menuju jenjang karir yang lebih tinggi.

Soooooooooooo.....kamu punya keinginan menyala-nyala untuk menjadi seorang copywriter?  Go go go get it!  Never stop trying & never give up fighting!

Tetap semangaaat!  Selamat hari Jum'at! (emangnya semangat harus senin doank?????)  

Jumat, Juli 12, 2013

MY CHANNEL

Perkenalkan.....my channel on youtube... isinya baru 1 video...itupun TVC buatan ndiri...hihii...kalo mau lihat, ini link nya ya?

Thengkiuuu!
http://www.youtube.com/watch?v=4VgFrFh2O40&feature=youtu.be

Kamis, Februari 28, 2013

BURSA LOWONGAN COPYWRITER VACANCY IN FEBRUARY 2013

Halo semuaaaa............... maaf ya lama nggak ngeblog soalnya lagi dikejar deadlines!!
Nih bulan ini lagi banyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak....banget lowongan untuk penulis...silahkan dibaca bacacacacacacacacacacacacacaa...sapa tahu ada yg nyangkut!

Oh ya, yang butuh kerjaan freelance, bisa masuk ke forum copywritingskill.com ya, karena saya baru aja posting freelance jobs baru!

CU!

1.  DI PERUSAHAAN ASING:

CopyWriter (CW)
Experience and Qualities:

- At least 5 years of working experience as Copywriter in the creative industry

- Experience in creating concept for TVC advertisement, radio. print Ad campaign, digital marketing communications, etc.

- Broad area in term of writing style

- Good communication skills, customer oriented, cooperative and proficient in both bahasa Indonesia and English

- Love, as in can't-live-without-reading, writing, creative blogging or anything writing related activities.

Resourceful, web-savvy, microsoft office literate

- anti-plagiarism personality is a must

- Creative, innovative, good presentation skills, and strong conceptual thinking

Please send your CV and some of your best and recent works to :

(For copywriter and art director please compress your portfolio to LESS than 5MB zip file)

2. PERUSAHAAN LOKAL/BANDUNG:
PT. Safety Sign Indonesia

Kami adalah Perusahaan berkembang yang bergerak di bidang pengadaan media komunikasi QHSE (Quality, Health, Safety, and Environment)/ K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) untuk industri Migas, Manufaktur, BUMN dan berbagai jenis industri lainnya.
Kami sedang membutuhkan staf di kantor kami dengan suasana kerja yang menyenangkan, penuh kekeluargaan dengan banyak karyawan muda yang kreatif,  untuk ditempatkan sebagai :

FULL TIME COPYWRITER (CPW)


Persyaratan:

• Pria/ Wanita
• Kreatif
• Menyukai Bidang Copywriting
• Sanggup dan terbiasa membuat copywriting kreatif dan menarik untuk tagline poster, leaflet, dan content artikel.
• Minimal dapat berbahasa Inggris pasif
• Memiliki blog sendiri lebih disukai
• Pendidikan minimal D3
• Berdomisili di Bandung atau siap ditempatkan di Bandung
• Skill komunikasi yang baik
• Berbadan sehat,tidak mengidap penyakit berat
• Posisi ini untuk full time employee bukan freelance


Kirimkan lamaran Anda, CV dengan Foto Terbaru, Portofolio Copywriting jenis content artikel dan tagline kreatif, tagline poster (kalau pernah membuat) dan ASLI buatan Anda ke:

HRD Manager
PT. Safety Sign Indonesia

melalui email dengan subject "COPY" ke alamat email:

3.  DI JAPANESE AGENCY:
Buat rekan2 CW dg pengalaman 2-3 tahun, berminat utk bantu memperkuat Hakuhodo Lotus, monggo lho kirim2 CV ke budi.santoso@hakuhodolotus.com

Ditunggu yah. Mwah mwah.
4.  maaf sebelumnya, berhubung kami belum menemukan kandidat yang cocok,
maka kami melakukan repost untuk posisi yg sama:

COPYWRITER
Creative
berwawasan luas
english proficiency
always learning
Minimum experience of 1-2 years

DESIGNER:
Advance DI capability
Strong conceptually
Smart Folio and thinking
minimum experience of 1-2 years.

Send your resume to admin@komunikasia.com

5.  Dwi Sapta Group membutuhkan dengan sangat cepat personil-personil untuk posisi dibawah ini :

1. Associate Creative Director (Copy Based)
2. Sr. Copywriter
3. Sr. Art Director
4. Visualizer
 
Please send your CV, recent photograph and portfolio to : roisa.apsari@dwisapta.com

6.  Zag, a new full service agency is looking for Art Directors, junior/senior graphic designers, interns, copy writers, client service (junior and senior) finance, reception (pretty much everybody actually). In terms of requirements it's easy. They gotta be great in what they do.

Zag is established by Axel Schmidt and Surja Handoko. Axel Schmidt is a keen creative director whose has been involved in handling many big brand like Gulaku, Bir Bintang, etc. Surja Handoko is a player in Indonesia's communication industry since over a decade. He for example played a crucial role in building A MIld at Sampoerna into Indonesia's number one cigarette brands.

They have signed a great house with pool too at Kemang Raya, and we will be up and running 1st of March, as they have to start service their first brand.

Enough intro, please send your CV to: axelsimonschmidt@gmail.com

zag brand agency
jl. kemang raya 69
Jakarta 12730, indonesia

7.  perushaan design dan advertising di jakarta pusat membutuhkan:

COPYWRITER:
min d3
creative and imaginative
initiative
loves reading and learning

DESIGNER:
creative thinker
design software whizkid
kick ass folio

send your work sample to gc1@rocketmail.com

JUNIOR AE/Marketer
wanita max 26th
joy to talk to
ulet dan pantang menyerah
min d1-d3

send your cv to gc1@rocketmail.com

thank you

8.  We at Lines Creative, are constantly looking for a talented creative team of GD / AD / CW & AE to take part in our work force.
Recruiting NOW:
• Female or Male
• Passion in design / writing with good taste
• Conceptual thinker, workaholic, able to work in a speed manner & can manage daily workflow which required multiple tasking
• Insightful & good writing skills in both English & Indonesia language
• Responsible, organized
• Good work ethic & attitude
Please apply with your updated resume + work / portfolio by email. Attach your recent photograph and send them immediately to think@linescreative.com
Only short listed candidate will be notified.
You may view our inspiring works at : www.linescreative.com
9.  Urgently Needed:

Reporter:
> Have a passion in journalism and night life
> Fluency in English
> Ability to work as a team
> Able to meet tight deadline
> Not easy to get nervous around sexy woman (calm like James Bond with his Bond Girl)
> As strong as Chuck Norris
> Willing to spend your night like in the Project X movie
> Get into whiskey rather than baileys (kidding? no its serious dude)

Are you interested?

Send your goddamn resume to redaksi@maximindonesia.co.id

See you soon folk roll ladies!

10.  JUNIOR COPYWRITER
Requirement:- Bachelor's degree in journalistic/English or else. Fresh graduates are welcome :)
- English & Indonesian literate is A MUST
- Good communication skill
Working experience in related fields will be a great advantage (especially from design/advertising agencies)
-  Attention to detail is a must
Have a passion in corporate writing, marketing and promotion, or scriptwriting
- Creative, responsible, initiative, team work, and able to work under pressure
Well literate in computer software (min. Microsoft Word) and internet communication 
  (min. email, browsing)
 
 
For DESIGNER:
Send your CV & portfolio so we can see your ability. Could be link to your online portfolio or attached - Min 3 MB ( BEST Portfolio)
FOR COPYWRITER:
Send your CV & portfolio/sample writing or your blog link! 
TO:
Victoriadeejay@gmail.com 

Jumat, Januari 25, 2013

LOWONGAN COPYWRITER DI AGENCY LOKAL

Mau pindah agency?  Mau coba jadi copywriter???  Silahkan...............ini infonya ya???:

URGENT!!!!
Our company (PT. Korekapi communication) is the pioneer of online gift giving for unique experiences in Indonesia. We 'package up pleasure', giving people a good time by allowing them to experience something they've always wanted to do, like a romantic horse riding or learning how to do archery.

You?ll be working closely with all team members delivering great products and services. We currently have several positions available :

Copy Writer (GD)
General Requirement:
Female, max 27 years
S1 Communications or Similar
Copywriting and Social Media
Responsible for creating compelling product stories and descriptions.
Responsible for branding and marketing through social media.
Active in social media (especially facebook and twitter)
Passionate about blogging and writing
Passionate about marketing
Preferred Female

sent CV, Portfolio, & Recent Photograph to
KorekApi Communication
a: Jl. Tebet Barat Dalam 8 No. 19
p: 021 - 8370 5705, 829 4393
e: hrd.korekapi@yahoo.com

(Batas Waktu 4 February 2013)

Kamis, Januari 24, 2013

MAU MAGANG? NIH, INFONYAAA...

Internship opportunity at Lowe Indonesia for art director & copywriter. Send your CV and Portfolio to:dimaz.muktiarto@loweandpartners.com / rizky.wisnu@loweandpartners.com Thank you

Sabtu, November 03, 2012

TATA CARA KURSUS COPYWRITING FULLY ONLINE

Minggu terakhir ini saya dapet pertanyaan mengenai jenis kursus fully online seharga 175 ribu ini.  Naaah...daripada capek berkali-kali menjelaskan, maka lebih baik saya posting di sini sehingga lain kali orang tinggal nge klik aje....ye....!

Okay!  Here it is:



Setelah selesai baca dan membuat portfolio seperti yg disarankan dalam buku, silahkan konsultasikan hasil kerjaan kamu via forum seharga 100 rb  ini: http://www.copywritingskill.com/forum/index.php?option=com_fireboard&Itemid=99

Naah...habis itu tinggal revisi2 deh.  KOnsulnya ya hanya online via forum, no telpon, ok?

Semoga cukup jelas ya?