Senin, Oktober 31, 2016

Radio Scripting One Day Workshop

MSOC present..Radio Scripting One Day Workshop. 
Who should attend? Copywriter, radio scriptwriter, small business owner.
When? Nov 5 2016
Where? Jl rc veteran 31c tn kusir jaksel
Why? To learn on how to create award winning radio commercial from awar winning writer. To have an award winning radio script portfolio
How? Send email to nunusijilbab@yahoo.com n ask for registration form
Only 6 seats available!

Jumat, Februari 20, 2015

3 MACAM CARA BELAJAR MENJADI COPYWRITER

Tadi malam saya menerima email dari seorang mahasiswa yang ingin memasuki dunia periklanan sebagai copywriter, dan inilah jawaban saya.

Sengaja saya posting di sini agar bermanfaat pula bagi mereka yang memiliki pertanyaan yang sama.

Saya bisa membantu dengan berbagai cara.

1. Cara paling murah adalah kamu coba baca buku ini:  How To Become A Good CopyWriter: yang bisa dibeli di sini

sesudah selesai membaca buku tsb. cobalah untuk membuat portfolio dan silahkan berkonsultasi mengenai portfolio mu di sini:

cara ini membutuhkan kedisiplinan diri yang tinggi, karena semua tergantung dari besarnya kemauanmu tanpa ada dosen pembimbing yang bakal ngoprak2 kamu.

2. ambil kursus jarak jauh ini: HTBAGCW e-Course:

di mana akan ada sesi pertemuan antara kamu dan aku sebagai dosen pembimbing.  Lokasi pertemuan bisa di Jakarta atau Surabaya.

Berdasar pengalaman, mereka yang belajar dengan sistem ini tidak pernah mengambil sesi ujian...entah kenapa.  Apakah males atau sudah merasa bisa???

3. cara paling mahal namun juga paling efektif adalah mengambil private course ini: Private Course:

di mana kamu harus terbang ke Surabaya dan stay di sana sampai 1 bulan penuh untuk kuajar tiap hari dan menylesaikan tugas membuat portfolio sampai bagus dgn supervisi penuh dr aku.  Berdasar pengalamanku, siswa dari kelas ini akan langsung mendapat kesempatan kerja di agency.  Bahkan siswaku terakhir begitu lulus kelas ini langsung diterima di 9 agency dan sekarang udah menjadi copywriter di agency multinasional di Jkt dan baru saja memenangkan award di Pariwara.

Oh ya, kalau kamu bertype ototdidak dan disiplin, makan cara pertama dan kedua cocok buat kamu.  Tetapikalau kamu type yang butuh dibimbing langsung maka cara ketiga lebih cocok.

Silahkan dipertimbangkan....! 

Sabtu, Desember 06, 2014

YEEEY....! SISWAKU MENANG DI CITRA PARIWARAAAA...!

Barusan dapet message di inbox FB ku, bunyinya begono:

Bu Nunuuu... Halo, apa kabar buu? Sudah lama ya, sdh setahun sejak aku les privat di Surabaya hahaha. Oh iya, mau kasih tau aja bu, aku lucky nih, menang Daun Muda di Citra Pariwara 2014 minggu lalu, dapet Bronze medal hahaha Makasih ya buu buat ajarannya, semoga aku bisa berkembang lagi kedepannya 

Ini adalah siswa Private course yang jauh-jauh terbang ke Surabaya untuk menuntut ilmu selama sebulan dan kini sudah berkarya di agency dan...berprestasi!  Uhuy, senangnyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa...!

Selamat ya Cik, sapa mau menyusuuuuul...........?  To become a good copywriter like her..?

Rabu, November 26, 2014

SUDAH TERBIT!! ebook THE ART OF COPYWRITING


Alhamdulilllaaaah...achirnya kelar juga ini bukuuuuuuuuuuuu!  Edun dah, pre launch nya tahun 2011 tapi launch nya baru sekarang...! hihihihihiiiiii.....yg nulis tuh lupa apa sibuk niih..?!!


Ayo yang kemarin pada indent sekarang bisa didonlod di sini ya: http://www.copywritingskill.com/index.php?page=shop.product_details&flypage=shop.flypage&product_id=100&category_id=1&manufacturer_id=0&option=com_virtuemart&Itemid=1

Isinya ada perubahan dikiit...tapi total halamanya jadi 2x lipet dibanding buku sebelunya.  Total laman nya 390 guys..!

Isi buku ini bisa dibilang super lengkap deh, udah mencakup penulisan copywriting di internet dan juga sudah membahas mengenai ads beyond conventional medium........yang kalau di Clio tuh termasuk innovative & interactive ads.

Nih dia daftar isinya:
APA ITU COPYWRITING?
FUNGSI DAN POSISI COPYWRITING
TUJUAN COPYWRITING
JENIS/BENTUK-BENTUK COPYWRITING..          
ALUR PROSES COPYWRITING: FROM CLIENT’S BRIEF TO SCRIPTING
MEMBUAT CREATIVE  BRIEF
Bagaimana Creative Brief yang Baik?
Isi dan Format Creative Brief
BERMACAM TEHNIK PENGGALIAN IDE: CREATIVE THINKING
TIGA KOMPONEN KREATIVITAS.
BAGAIMANA KITA BERFIKIR
Apakah Anda Dominan Otak Kiri atau Kanan...?
Creative Methods
 Bagaimana Menjadi Lebih Kreatif ?.
Creative Thinking Technique
CREATIVE ATTITUDE
MEMBUAT KONSEP IKLAN.
Metode Pengembangan Konsep (4 Main Stream)..
Proses Pengembangan Konsep
Model Pengembangan Konsep Bagi Copywriter Mandiri 
Kriteria Ide Yang Baik
HOW TO WRITE COPY
MACAM-MACAM NASKAH IKLAN
MEMBUAT BRAND NAME.
NASKAH IKLAN CETAK.
Karakteristik Iklan Cetak
Ciri Iklan Cetak Yang Baik
Membuat Judul.
Membuat Sub Judul.
Membuat Lead in..
Membuat Bodycopy.
Membuat Slogan..
SPLASH.
Kesimpulan .
Iklan Cetak Sekaligus Brosur.
NASKAH P.O.S.  MATERIAL
MEMBUAT JINGLE.
Perbedaan Lagu Iklan dan Jingle
NASKAH ADVERTORIAL..
NASKAH IKLAN TV..
Contoh Naskah Iklan TV berbentuk Storyline
Contoh Naskah Iklan TV berbentuk AV Script
Membuat Iklan TV yang Baik
Karakteristik Iklan TV
Ciri Iklan TV yang Baik
NASKAH TV SPONSORED PROGRAMM
NASKAH IKLAN RADIO/ RADIO SPOT
Kekuatan media radio............................
Kelemahan media radio.........................
Tips for RADIO SCRIPT WRITING
NASKAH ADLIBS.........................
NASKAH RADIO SPONSORED PROGRAMM.
NASKAH COMPANY PROFILE
NASKAH ANNUAL REPORT.
NASKAH BROSUR..
NASKAH LEAFLET/ FLYER/SELEBARAN.
NASKAH MEDIA LUAR RUANG (OUTDOOR, ambient)
Membuat Iklan Outdoor yang Baik
Karakteristik Media Outdoor.
NASKAH IKLAN MEDIA INTERNET
Karakteristik Media Interaktif..
NASKAH WEB.
NASKAH E-NEWSLETTER.
NASKAH EMAIL BLAST
SENI MENULIS BLOG UNTUK PROMOSI..
SENI MENULIS NASKAH PROMOSI DI FACEBOOK
SENI MENULIS NASKAH MARCOMM  DI TWITTER
ELEMEN NASKAH DI INTERNET
TIPS MENULIS TWIT YANG EFEKTIF.
NASKAH IKLAN INOVATIF.
 NASKAH IKLAN INTERAKTIF.
SHORT CUT TO IDEAS.
TENTANG PENULIS.

Rabu, November 19, 2014

WARTAWAN MAU JADI COPYWRITER?? BACA INI DULU...!

Barusan ada email dari seorang wartawan yang mengaku mau alih profesi jadi copywriter.  Dia nanya pendapat saya, cukupkah bekal pengalaman sebagai jurnalis untuk melamar jadi copywriter?

Heheheheheeee......ga cukup keleessss!   Dan inilah jawabanya:!!

Meskipun sama-sama pekerjaanya itu menulis, tetapi profesi copywriter itu sangaaat....sangat...berbeda dengan jurnalis.  Bahkan, kalau bisa saya bilang, seorang wartawan yang ingin beralih profesi sebagai copywriter itu harus dicuci otak dulu kalau mau jadi copywriter!
Haha!!

Ya, dari segi penulisan saja, "aturana' yang harus dianut oleh wartawan dan copywriter itu sudah berlawanan; seperti:
Penulisan jurnalisme itu harus factual, netral dan tidak memihak, sementara itu
penulisan copywriting harus suggestif-persuasif untuk bisa mempengaruhi orang dengan tujuan tertentu

Belum lagi dari cara kerjanya, udah beda banget:
wartawan harus lincah mengejar berita dan hampir 90% hidupnya di lapangan
copywriter kebanyakan di dalam kantor, berbrainstorming dengan tim, dan banyak menggali ide-ide baru...ke lapangan hanya kalau shooting atau recording

Terus, tipe orang yang dicari untuk wartawan juga beda dengan untuk copywriter lho?
wartawan biasanya dicari yang lincah, kepo, ramah, mudah bergaul dengan orang, suka 'ngejar' narasumber
copywriter sebaliknya dicari yang kreatif, suka mikir, kuat pendapatnya (karena harus presentasi dan mempengaruhi client)...jadi, copywriter itu lebih ber tipe seperti "narasumber" ketimbang wartawan

Tuuuuh....beda banget kan..?!!  Masih minat?

Kalau setelah semua penjabaran saya mengenai perbedaan ini kamu masih ngerasa cocok jadi copywriter, silahkan. 

 Untuk memulai, kamu bisa baca bukuku ini sebagai "bekal" untuk memasuki dunia periklanan sebagai copywriter.....: Modern School of Copywriting - How to Become a Good Copywriter

Rabu, Agustus 27, 2014

LOWONGAN COPYWRITER DI AGENCY JEPANG LOKASI JAKARTE

Dicari copywriter utk menangani merek mobil. #sekian -- harap maklum, kami kurang ahli membuat copy yang ciamix, makanya butuh :p -- langsung aja kirim CV dan portfolio ke budi.santoso@hakuhodolotus.com