Rabu, September 05, 2012

SEDANG GALAU MAU ALIH PROFESI JADI COPYWRITER??? BACA INI DULU....

Tadi pagi saya dapet email dari seorang pria galau yg sedang mempertimbangkan apakah mau alih profesi jadi copywriter atau tidak, sementara dia saat ini sudah bekerja dgn gaji cukup di perusahaan nasional yg sudah established!!

Alasanya hanya satu: karena ia ingin memiliki pekerjaan yg lebih cocok dgn PASSION nya.....

Nah, bagi yg saat ini punya problemo yg sama, saya postingkan nih jawaban saya ke dia, siapa tahu bermanfaat!  ok???

Selamat membacaaaaaaa!!

Dear *******...hehe, ini sih masalah HIDUP ya...?

Sebenarnya semua tergantung tujuan hidupmu, tujuan karirmu, dan tujuan finansialmu (ahaaaiiii.....luasnyoooo!)

Aku hanya akan memberi gambaran bagaimana pekerjaan dan career path seorang copywriter aja ya? Tentunya pertimbangan akhir akan ada pada dirimu lah...

Gini, seorang copywriter di agency itu posisinya cukup krusial, karena ia merupakan tenaga inti, pemikir/otak, sehingga bagi seorang copywriter yang bagus dan mau belajar/berkembang maka masa depannya adalah menjadi CD (creative Director) dan seringkali pada akhirnya menjadi GM, paling top akhirna ya jadi owner...  CUma saja setelah masuk ke management, maka aktivitas nulisnya malah JARANG....!  Lebih banyak akan ngurusin bisnis, memanage anak buah dll dsb.

Tentang Salary, seorang copywriter akan dengan mudah "menggandakan" gaji dengan sistem "kutu loncat" alias pindah-pindah kerja...atau dengan cara berprestasi (misalkan menang lomba) maka dengan cepat dia bisa me-renego salarynya (kayak pemain bola deh...).  Bisa saja dalam 4-5 tahun salary seorang copywriter menjadi 4-5x lipat dari saat dia masuk.  Ada seorang copywriter yg baru kerja 4 tahunan salarynya 12jt an....karena dia "dibajak" perusahaan lain.

Tentang Freelance: bursa freelance terbesar biasanya adalah penulisan web dan company profile....dan ini TIDAK MEMERLUKAN EXPEREIENCE untuk melakukanya, bahkan seringkali tidak memerlukan portfolio; kecuali contoh tulisan yg pernah dibuat saja...seperti blog.
Tapi, kalau mau jadi freelancer di agency perilanan, maka diperlukan pengalaman terlebih dulu...sehingga biasanya freelancer seperti ini adalah anak-anak ex agency juga!

Gitu dh kira2 gambaran mengenai dunia per-copywriteran.  Yang perlu aku ingetin, kerja di agency itu jauuuuh...beda dengan kerja di company yg serba disiplin, tepat waktu dan ada fee lembur... di advertising itu cuma ada 2 macam pekerja: orang gila, atau orang yang sangat mencintai pekerjaanya! Hahaha..

Kalau kamu saat ini biasa pulang kerja masih bisa ngelihat matahari, maka buat orang agency hal itu adalah sebuah KEMEWAHAN!  Soalnya biasanya org agency itu pulangnya pagi!  Nah lho!  Hihihihi....masih mau jadi copywriter???? 

2 komentar:

AKU ADALAH KESYA mengatakan...

Saya suka banget dengan kalimat, "di advertising itu cuma ada 2 macam pekerja: orang gila, atau orang yang sangat mencintai pekerjaanya!"

Dan juga KEMEWAHAN bagi makhluk agency. that's true! Hahahaaa

TavTav mengatakan...

hai mbak,aku dian,salam kenal,,mbak,mau tanya donk,klu mau cari orang yg au kerja freelance copy writer dmn y mbak?tempat aku kerja lg nyari nih,tp maunya yg freelancer,,ada rekomendasi g mbak? makasi banyak sebelumnya....