Rabu, Oktober 20, 2010

PERAN SEORANG COPYWRITER

Berikut ada pertanyaan mendasar nih dari salah satu anggota forum...

sengaja saya post di sini supaya mereka yg memiliki pertanyaan yg sama bisa mengambil manfaatnya! Met baca yaaa...???!

seorang copywriter itu tugasnya bukan hanya membuat kata-kata, melainkan yang lebih penting adalah membuat ide!

PRTANYAAN: Aku sering memperhatikan iklan-iklan yang ada di TV, poster2 di jalan, kadang aku juga sering liat karya2 orang lain. Lalu aku berpikir, mereka yang berprofesi sebagai Graphic Design bisa bikin design dan juga membuat tulisan atas karya mereka sehingga menghasilkan sebuah iklan.

Pertanyaannya, apakah mereka juga butuh seorang copywriter untuk melengkapi gambar mereka yang mau dijadikan sebuah iklan?

Dan sebenarnya seberapa pentingnya ya peran seorang copywriter di dunia advertising, kalo seorang Creative Director itu juga bisa membuat kata2 yang bagus untuk design iklannya?

JAWABAN:
Jangan dikira kalau poster atau iklan yg kamu lihat itu cuma gambar tak bermakna (cieeeh...bahasaku okeh ya?!). Apa yg kamu lihat itu merupakan hasil karya dari banyak orang/tim yg terlibat di dalamnya. Mreka adalah:
1. client/pemilik brand: di sini orangnya bisa bejibun, dari brand manager, marcomm manager s/d marketing manager yg bertanggungjawab atas brief yg diberikan pada agency
2. Account executive yg menerima brief dr cient
3. account director yg bersama-sama creative director memunculkan creative brief/strategy/CWP/copy platform
5. creative director yg mengarahkan tim kreatif, dia ngga harus bisa nggambar atau bisa nulis, yg penting bisa nge direct (butuh keahlian khusus di sini, juga pengalaman)
6. art director yg bertanggung jawab atas tampilan visual keseuruhan dr iklan tsb., seperti lay out, warna, dll. Dia bersama2 copywriter mengolah konsep/ide kreatif
7. copywriter yg bersama2 dgn art director mencari konsep & membuat kata-kata nan indah yg sesuai dgn brief
8. Graphic designer yang membantu sang art director dalam menuangkan ide-idenya dalam bentuk grafis. Jadi peran GD di sini sebenarnya membantu kerja creative team yang terdiri dari copywriter & art director

jadi, meskipun hanya kelihatanya kerjaan sederhana spt poster atau billboard, dia merupakan hasil karya 'rombongan' ini... jelas nggak?!

Tidak ada komentar: