Rabu, November 28, 2007

MENGIKLANKAN PARITY PRODUCT

Parity product sangat banyak kita jumpai dalam kategori consumer products. Parity product adalah produk-produk me too yang biasanya ngga punya USP (nggak punya keunggulan spesifik). Bagi orang kreatif, mengiklankan suatu produk yang seperti ini akan merupakan tantangan tersendiri, sebab ia akan sangat tergantung dengan kreativitas (the HOW TO SAY) karena WHAT TO SAY nya sama aja dengan produk sejenis! Di sinilah ide yang unik dan memorable sangat dibutuhkan.


Seorang ‘dewa’ periklanan pernah mengatakan: if you can’t sell anything, sing it! Mungkin ini bisa memberikan indikasi bagaimana cara kita memperlakukan parity products. Well, tentunya kita bukan ‘ngga punya apa-apa’, tentu saja suatu produk dilempar ke pasar pasti dengan segala keungulan yang diyakini pemiliknya bisa ‘menjual’. Masalahnya, ketika ia masuk pasar, ada banyak pesaing dengan keunggulan sejenis. Contoh: AC dengan fitur plasma yang mampu membunuh virus, kuman bla…bla…bla… Nah, bila pada saat itu brand-brand lain udah mengkomunikasikanya, maka brand yang akan kita lempar ke pasar hanya akan menjadi produk sejenis, menjadi parity products.

Mengiklankan (lebih tepatnya meluncurkan) parity products itu ibarat memperkenalkan seorang kekasih yang biasa-biasa saja pada kedua orang tua kita. Yah.. apa yang dapat kita lakukan agar ia diterima dengan baik? Setidaknya, kita bisa memberikan kesan yang menyenangkan, bukan? Cari hari baik (timing strategy), mood yang baik (tone and manner) bagi kedua belah fihak, serta gunakan cara yang simpatik untuk membawanya pulang (give emotional value). Singkatnya, just try to be nice! Lebih baik lagi kalau kita bisa menciptakan sikon yang dramatis sehingga kehadiran sang kekasih ke lingkungan keluarga kita bisa menjadi suatu moment yang ‘memorable’!

Simpatik, menarik, unik, susah dilupakan, itulah criteria ide yang harus dicari guna memperkenalkan parity products secara baik!

Tidak ada komentar: