Rabu, November 21, 2007

Badai Otak Yuk!

Badai otak adalah istilah yang biasa saya dan teman-teman satu tim gunakan untuk berkumpul merapatkan barisan mencari ide untuk konsep iklan terbaru kami. Kadang terasa sudah berat duluan setiap mendengar, "Brainstorming time, guys!". Nah, untuk lebih membumi, kamipun menyebutnya sebagai badai otak.



Waktu badai otak biasanya juga menjadi ajang bergosip atau curhat dotcom. Namun dari ajang tersebut, malah terbetik ide-ide gila yang kemudian berkembang jadi konsep iklan. Tapi agar tidak berlebihan sehingga lupa akan tujuan semula, beberapa tahun terakhir saya menerapkan sistem mind mapping sebagai cara brainstorming. Cara ini menurut saya sangat membantu, baik untuk mencari ide iklan dan menulis artikel. Kalau Art Director biasanya memulai idenya dengan mencorat-coret gambar, Copywriter umumnya memulainya dengan kata-kata. Perlu diingat, jangan membatasi diri dengan kata-kata yang disesuaikan dengan brief di tangan. Kita harus membebaskan diri dari segala konsep.



Siapkan kertas putih besar dan spidol aneka warna, lalu mari kita bermain kata. Misalnya kata "bening". Melalui teknik mind mapping, kata "bening" bisa kita kembangkan di satu sisi menjadi "air bening", di sisi lain menjadi "mata bening". Lalu dari "air bening", kita bisa mengembangkannya lagi jadi "sumber air alami", "pegunungan", "air bersih", dan selanjutnya. Mengambil kata "pegunungan" sendiri bisa berkembang menjadi "pegunungan hijau", "reboisasi", "hutan" berkembang menjadi "hutan gundul", "hutan kayu".



Lalu dari sisi "mata bening", kita bisa kembangkan menjadi "mata anak", kata "anak" berkembang lagi menjadi "balita", "menangis", "kesepian", "tanpa dosa", "cerdas". Dan seterusnya. Kata-kata yang berkembang kemudian memang tergantung pada koleksi kata-kata Anda dan teman-teman yang terlibat dalam sesi badai otak saat itu. Percayalah, pada akhirnya Anda akan menempelkan berlembar-lembar kertas di dinding ruangan di mana badai otak berlangsung. Kalau badai otak dilangsungkan di kedai kopi, hhhmm... pintar-pintarnya Andalah menuliskan perkembangan kata-kata itu.



Bersumber dari sekian banyak kata yang berkembang itu, Anda atau salah satu teman pelaku badai otak pasti bisa terpikirkan suatu ide. Catat ide tersebut untuk dikembangkan lebih lanjut menjadi suatu konsep iklan.



Mind Mapping adalah salah satu teknik badai otak yang semoga dapat membantu dan meramaikan sesi badai otak Anda. Semoga tidak membuat Anda malah terserang kram otak (meminjam istilah Iwa K). Selamat menikmati badai otak, teman-teman!





Catatan kecil:


  • Untuk mengenal mind mapping lebih lengkap, Anda bisa membaca The Mind Map Book dan How to Mind Map. Keduanya karya Tony Buzan.
  • Saya juga sering memainkan kamus Thesaurus bahasa Inggris dan mengklik situs Visual Thesaurus sebagai jumpstart pencarian kata-kata.
  • Bisa juga Anda membuat sendiri koleksi kartu yang berisi satu kata (terserah bentuk katanya) di setiap satu kartu. Kartu dikocok sebagaimana kita bermain kartu remi. Ambil satu kartu, baca dan kembangkan kata-kata berikutnya berdasarkan kartu terpilih tersebut.

Tidak ada komentar: