Kamis, Mei 28, 2009

TALK OF THE TOWN

Hari itu, 20 mei 2009, iklan satu halaman sebagai openingnya Grand Indonesia di harian Kompas yang hanya berupa kata-kata tanpa gambar dan bahkan tanpa logo, menjadi perbincangan hangat di milis. Ada yang memuji, tapi juga yang mencela. Ada yang tersinggung, namun juga cuek aja. Inti yang bisa saya sukuri hanya satu: iklan itu ternyata dibaca! Dan, bukankah itu memang tujuan sebuah iklan? Menarik perhatian, lalu dibaca. That’s it!

Sebenarnya, iklan ini hanyalah sebuah iklan yang sederhana: a simple announcement of a project’s grand opening. Tantanganya hanya satu: bagaimana opening ini tidak ‘tertelan’ di tengah iklan lain yang sejenis, dan oleh berita hangat kasus Antasari Azhar serta pilpres. Jadi, nilai uniqueness of the ad menjadi satu point penting untuk diperhatikan, dijadikan prioritas. Dan bravo untuk Aryo yang telah berhasil membuat sebuah ‘intriguing headline’ . (dari dulu gue yakin kok Yo, kalau kamu bakal jadi copywriter yang bagus!).

Salah satu criteria dalam mereview sebuah konsep iklan adalah sebuah pertanyaan:
Will it be the talk of the town…?
Ya, sebisa mungkin kita mendorong tim untuk menciptakan materi seperti itu. Tapi, kalau pun tidak bisa, masih acceptable sepanjang masih relevan dengan tujuan iklan itu dibuat.

Saya masih ingat bagaimana Aryo sangat antusias sepulang dari presentasi: ”wah, bu! Baru kali ini saya merasakan semua kelelahan saya terbayar... client pada tepuk tangan... ada yang berdiri...”
Ya, memang dia telah begadang beberapa malam untuk presentasi GI, saya senang dia bisa merasakan kenikmatan sebuah perjuangan (cuih, kayak bahasa untuk masa perang aja!)

Congratulions for the team!
FYI, pagi itu aku dapet email yang memuji hasil karya kalian itu dengan two tumbs up. I think you guys deserve it more than me…

1 komentar:

aryosaloko mengatakan...

makasih bu Nunu, doakan ya smoga besok bisa bkin karya yang lebih baik lagi.

selamat juga buat naskahiklan.blgspot yang terpilih jadi juara blog pendidikan