Senin, November 10, 2008

GET SICK!

Bukan, bukan saya lagi sakit.. tapi saya ingin menghimbau anda semua yang bekerja di bidang kreatif untuk ‘get sick!’

Aha.. apa maksudnya ya?

Pernahkan anda mendengar kalimat “I get sick of it!” untuk merefleksikan kebosanan, kelelahan dan kejenuhan seseorang akan sesuatu? Nah. Itulah maksud saya. Saya ingin anda semua memiliki perasaan itu, pada segala sesuatu yang sedang anda lihat, dengar, raba dan rasakan. Hih. Ajakan yang aneh… begitu mungkin yang anda fikir.

Tapi, suer, ajakan saya ini adalah inti dari kreativitas! Loh??!!! Koq gitu siiih..??!

Hihihihi…kayak judul lagu aja.

Gini deh biar gamblang:
Ketika anda diminta untuk membuat iklan suatu produk mode (fashion collection), apa yang pertama kali melintas di kepala anda? Gambar-gambar aneka model baju, catwalk, peragawati, foto yang indah, warna, wajah cantik dan tampan? Nah. Saya yakin 99.9% orang akan begitu.

Kebanyakan orang akan berkarya di seputar visual, sebab ini fashion bung! Hari ini, coba buka majalah, Koran, dll. untuk melihat iklan fashion. Lihat iklan Metro dan Sogo dept. store. Nggak jauh-jauh khan dari deskripsi itu? Yang membedakan mungkin hanyalah style, taste, sedikit imbuhan ‘konsep’. Misal: konsep “what to do list” yang dipakai Metro Big Sale kali ini.

Nah. Untuk bisa menciptakan karya yang benar-benar kreatif, maka seorang creator harus memiliki rasa muak, bosan dan alergi dengan “kebiasaan” dan hal-hal umum itu.

Cobalah berfikir menentang arus:
“Kenapa sih, semua iklan tentang fashion harus ada gambar? Bisa nggak sih, gue ngejual mode hanya pake kata-kata???!!!” (secara yang nulis copywriter )

Nah! Pertanyaan ekstrim seperti ini, yang dimulai dari rasa “sick of it”, rasa muak pada kemapanan dan kelaziman, bisa menuntun anda untuk mencipta suatu karya yang betul-betul berbeda.

Salah satu pemenang London International Awards 2006 adalah serangkaian poster produk fashion Tate Britain, yang isinya hanyalah judul dan naskah. Tanpa gambar apa pun kecuali logo merk itu sendiri.

Berikut adalah judul yang mereka pilih…

The I Have a Big Meeting Collection
The I’m Hungover Collection
The I’ve just split up Collection

Judul-judul ini lalu diikuti serangkaian bodycopy panjang yang memenuhi halaman.

Tidakkah judul-judul itu membuat anda ingin membaca bodycopy-nya?

NB.
Iklan dan materi promosi lain pemenang London International Awards 2006 telah saya rangkum dalam sebuah eBook dan saya berikan GRATIS bagi forum member. Silahkan donload di copywritingskill.com

Tidak ada komentar: