Rabu, April 23, 2008

GET OUT, GET A LIFE!

Hehe.. kalimat ini sebenernya saya dapati di salah satu print ad Olay yang keren banget, yang mereka jadikan slogan untuk seri kampanye mereka. Kalimat ini saya rasa sangat cocok untuk dijadikan slogan juga buat me-charge otak dan jiwanya orang kreatif yang udah terlalu lama bekutat di kantor, yang lembuuuuuuuur… terus!

Bergaul dengan sebanyak-banyaknya orang (bahkan binatang juga boleh), adalah salah satu cara paling jitu untuk ‘memperkaya’ diri kita.

Dalam bergaul, kita pasti bisa ‘menyerap’ segala macam ilmu dari teman kita. Siapa pun dia, bahkan - meski ia seorang idiot atau cacat sekali pun. Cobalah. Setidak-tidaknya anda bisa belajar bagaimana ia bertahan hidup bukan? Siapa tahu, kelak cara dia itu akan mengilhami anda untuk membuat sebuah TVC yang stunning… atau satu radio spot yang staggering…!

Keluarlah, amatilah segalanya. Seorang penulis yang baik adalah seorang pengamat yang baik pula. Lebarkanlah sayap, perluaslah pergaulan. Terjunlah ke dunia yang tadinya sama sekali tidak menarik perhatian anda: hadirilah arisan ibu-ibu, bagi anda pemuda yang macho dan biasanya hanya nongkrong di gym atau extreme sport. Dijamin, anda akan memiliki pengalaman yang sangat mengejutkan.

Keluarlah, serap segala informasi di seputar anda. Ada baiknya suatu kali anda hanya diam dan mendengarkan. Masukkan segalanya ke dalam fikiran, ke bawah sadar. Anda akan menemukan kenikmatan sendiri, setelah seharian ‘berbicara’ melalui tulisan-tulisan anda.

Berjalan-jalan lah di terminal, di pasar, di halaman masjid, depan gereja, taman kota, di kebun bibit senayan… Hehehe… barangkali anak Jakarta ada yang belum tahu kalau di Senayan ada kebun bibit? Di sana ada tanaman Bisbol? Yang buahnya mirip bola bisbol, keras dan berbulu? Tahukan anda kalau di sana ada pohon Sossis? Yang buahnya mirip sosis namun keras seperti batu? Haha! Betapa mengherankan hal-hal yang begitu dekat dengan kita namum tak pernah kita ketahui sebelumnya!

Buat yang religius, sesekali amatilah kehidupan PSK, night life dan Dugemers (para rakyat dugem). Saya jamin, itu takkan pernah membahayakan keyakinan anda. Wong Cuma mengamati kok???!

Saya pernah mendengar Andrea Hirata bicara:
“Penulis yang baik adalah mereka yang melakukan riset…!”

Riset buat saya bukanlah sesuatu yang selalu serius. Cukup jalan-jalan sana-sini, tanya ini-itu, nguping sana-sini. Buka mata, buka telinga, berkelana. Nah… ketika kita pulang, maka hati dan perasaan akan terasa lebih kaya….!

Selamat mencoba!

1 komentar:

Dwi mengatakan...

huehuehue... asyik neh tulisan, bikin otak seger n bibir nyengir :)