Kamis, Februari 28, 2008

MENGATASI KEJENUHAN BEKERJA

Abi, salah satu copywriter di kantor, menyampaikan rasa jenuhnya dalam bekerja..
“Sebaiknya saya ngapain ya..??”
“take a leave, take a break, go away!” saya bilang.
Tapi… betulkah hal itu (jika dia lakukan ) akan mampu mengatasi kejenuhanya dalam bekerja?

Mungkin, cara paling bijaksana adalah terlebih dahulu menggali alasan mengapa kejenuhan itu datang. Apakah karena factor ‘jenuh pada pekerjaan’ itu sendiri? Atau ‘jenuh pada sistem’? Atau jenuh pada partner? Atau ada hal yang lain..? Hihi.. sok jadi dokter nih!

Biasanya kan sebelum membuat suatu diagnosa, dokter terlebih dulu mengumpulan data-data penyakit, lalu menganalisa (berdasarkan pengetahuan serta pengalamanya), baru kemudian mendiagnosa dan memberikan obat, bukan? Nah.. jadi langkah awal adalah mencari data: apa sih yang membuat kita jenuh?

Setelah kita yakin penyebabnya.. ya tinggal dicari solusinya, khan?

Dalam kasus Abi, setelah saya tanya dia menjawab:
“Saya terlalu banyak menghabiskan waktu di kantor, sampai saya tak punya waktu lagi untuk yang lain…”
“Kenapa dong, terlalu banyak di kantor? Apakah kantor menuntutmu begitu? Atau memang kemauan sendiri?”
Dia Cuma nyengir kuda.

Setiap orang memiliki cara khas untuk mengatasi kejenuhan. Bagi saya, sholat adalah salah satu cara saya mengatasi kejenuhan ‘kerja’. Bagi orang lain, mungkin traveling bisa membantu. Orang lain lagi, mungkin harus dugem.

Scope kerja seorang copywriter adalah di area analytical thinking, yang berarti harus mampu menganalisa berbagai fakta yang terhidang. Apakah fakta itu mengenai produk, pasar, maupun konsumen-nya. Nah, sudah semestinya juga khan, kalau seorang copywriter juga harus mampu menganalisa permasalahanya sendiri?

Saya sendiri tidak pernah jenuh pada pekerjaan saya di bidang kreatif, sebab di situ lah passion saya. Tapi, saya justru akan jenuh kalau load kerja lagi kurang! Hehe.. nantang nih… Nah, untuk kasus Abi: apakah kejenuhan itu terjadi ketika banyak kerjaan? Wah.. jangan-jangan.. bukan di copywriting nih passion-nya! Perlu nyoba bidang lain, mungkin??

;)

Peace…!

1 komentar:

abi mengatakan...

what a coincidence.
baru aja nyemplung di industri desain adv dan kawan2.. ee nama gw uda di masukin blog :p hehe
gw sempet mencicil nyoba english based copywriting (.. well, singlish kayanya lbih pas hehe) .. alhasil, 3 blog jadi ajlut2an jalannya (klik profil gw kalo mau liat blog yg ga penting itu hehe)

at first, gw pikir mood swing jadi masalah utamanya.. ternyata passion (as mentioned by nunu) itu yg berperan aktif dalam mood2 gw slama ini.. took me quite sometime to realize it hehehe.

I still blog though :p

and.. did I mention that andini is my older sister's first name?

cheers :)