Jumat, November 06, 2009

MENGHADAPI INTERVIEW

Ok. Sekarang anda udah punya portfolio, udah dipajang di blog, udah masukin lamaran, udah janjian interview. Lantas, gimana nyiapinya????
Baju apa yang musti dipake? Apa aja yang harus dibawa? Gimana ngadepin sang penginterview? Heheh...grogol nih ye?

This is a creative world that you are about to enter, darling! So, forget all the common rules! Kalo interview di tempat lain menuntut anda berpakaian rapi dg kemeja terseterika licin... Maka ini 'haram' hukumya bagi kaum kreatif! Lha wong, pernah, jaman dulu saya bosan berpakaian casual, lantas suatu hari saya ngantor pake rok span, pakai hem, pakai stocking dan sepatu fantovel berhak 10 cm.... Malah diledekin orang se kreatif:
"Nu, sejak kapan jadi AE?" halah!

Yang paling penting utk diketahui, sebenernya adalah siapa yg akan mewawancara anda. Sebisa mungkin carilah info tentang orang yang akan anda temui, dan siapkanlah diri untuk menghadapi karakter pewawancara.

Pada dasarnya, ketika seseorang ingin bertemu dengan anda, dia ingin mengetahui lebih jauh tentang pribadi anda. Apakah orang ini akan cocock dengan anggota tim yang lain? Apakah dia disiplin?(dinilai dari ketepatan waktu anda hadir dalam sesi wawancara). Apakah dia cerdas? Apakah lucu? Meneynangkan? Ya, poin personality akan menjadi besar sekali di sini.

Lantas apa saran saya? Simple: just b yourself. Tunjukkan saja apa kelebihan dan kekurangan anda. Kalopun diterima, chance anda untuk survive di tim akan lebih besar karena si employer udah tahu plus n minus point anda. Kalopun ditolak, ya bukan berarti anda jelek, tapi mungkin kurang cocok dengan demand tim. Ya sudah, kalopun dipaksain, ntar anda malah stress dalam teamworking!

So, ngadepin wawancara, siapa takut? .

3 komentar:

zulharmansyah mengatakan...

Alhamdullillah, akhirnya dibuat jg.hehehehehehehehe.....iye, nih grogol. Tp skrg lg tunggu kabar aja sih dr Densus. hekekekekekekekek....

kiswadi mengatakan...

mba, apakah boleh kita memakai kaos waktu wawancara???
kmrn pas magang di matari c diledekin kl pake formal gt...

tapi sopan ga kl pake kaos n celana jeans???

soalnya sya dpt interview di newflavour yg saya blm pnh kesana..

thx...mohon ilmunya

nunu andini mengatakan...

Boleeeeehhh.... sopaan? Ga penting! Yg penting kreatif deh