Rabu, Desember 03, 2008

SURAT TERBUKA KEPADA PLAGIATOR/PEMBAJAK


Dua hari ini saya mendapatkan email dari seorang pembeli buku saya (How to Become a Good CW) yang bernama Amel, bahwa ada salah satu blog yang telah memposting tulisan-tulisan saya dalam blog-nya tanpa ijin, dan lebih parah lagi tanpa menuliskan nama saya sebagai penulis asli. Tulisan-tulisan itu antara lain berjudul:
Script radio keren
Berapa harga jual sebuah naskah iklan?
Be Crazy:buatlah duniamu sendiri
Dan mungkin masih ada lagi (saya belum sempat melihat lebih banyak lagi).

Saya ingatkan kepada pemilik blog tsb. (yakni: emjaiz.wordpress.com) untuk secara terus terang dan jujur mengakui bahwa tulisan-tulisan itu bukan lah tulisannya. Cobalah lebih beretika !

Saya sendiri setiap kali memposting tulisan yang bukan tulisan saya sendiri, selalu saya beri sumber (kalau saya tahu), dan kalau tidak, maka akan saya tulis dan akui, bahwa artikel tsb. bukan tulisan saya. Ini sebagai salah satu bentuk kejujuran dan penghargaan saya kepada penulis aslinya. Saya sendiri termasuk orang yang MALU untuk mengaku-aku karya orang lain sebagai karya saya.

Saya sendiri mempersilahkan kepada sesiapa pun untuk mengcopy-paste tulisan di blog saya, tapi sudilah kiranya menghargai HAKI saya dengan mencantumkan link/nama penulis asli. Karena memang tujuan saya dan teman-teman ketika membuat blog tentang penulisan naskah iklan tsb. adalah untuk sharing ilmu copywriting yang dibilang TIDAK ADA SEKOLAH FORMAL nya itu.

Bagi yang mengenal/tahu pemilik blog tsb. mohon sudilah kiranya menyampaikan hal ini kepada yang bersangkutan. Atas kesediaanya, saya ucapkan terimakasih sebelumnya.

Bagi moderator, terimakasih sudah mengijinkan postingan ini.

Dengan segala hormat,

Nunu Andini

2 komentar:

Memey mengatakan...

hai..mbak Nunu Andini...salam kenal..seneng deh..akhirnya ketemu ama blog yang ngejelasin ttg copywriter..thx banget...buat bagi2 ilmunya...

Dyan Amatir mengatakan...

halo mabak, salam kenal..
emang banyak yang plagiat di dunia maya, aku juga pernah tuh.. padahal tulisan aku biasa aka, tapi dengan PD nya si plagiator nulis namaya besar2 di acc blognya dya, huh sebel.

btw, udah orang aku nemuin blog yang BT bgt sama si plagiat. ayo lita basmi orang2 yg seenaknya copypaste blog kita.. hehehe