Kamis, November 06, 2008

Manajemen Stress by Stephen Covey

Gara-gara krisis, banyak client yang 'tiarap', agency jadi banyak yang wait and see.. banyak orang yang stress.. saya udah mencoba menulis mengenai ini, tapi ngga jadi-jadi..huhuhu...

Akhirnya saya nemu artikel ini, yang lumayan buat memberi sedikit pencerahan... mudah-mudahan berguna juga buat anda!

Selamat membaca...!!

Pada saat memberikan kuliah tentang Manajemen Stress, Stephen Covey
mengangkat segelas air dan bertanya kepada para siswanya :
"Seberapa berat menurut anda kira segelas air ini?"

Para siswa menjawab mulai dari 200 gr sampai 500 gr.
"Ini bukanlah masalah berat absolutnya.. ., tapi tergantung berapa
lama
anda memegangnya. " kata Covey.

"Jika saya memegangnya selama 1 menit, tidak ada masalah. Jika saya
memegangnya selama 1 jam, lengan kanan saya akan sakit. Dan jika saya
memegangnya selama 1 hari penuh, mungkin anda harus memanggilkan
ambulans
untuk saya. Beratnya sebenarnya sama, tapi semakin lama saya
memegangnya,
maka bebannya akan semakin berat."
"Jika kita membawa beban kita terus menerus, lambat laun kita tidak
akan mampu
membawanya lagi. Beban itu akan meningkat beratnya." lanjut Covey.
"Apa yang harus kita lakukan adalah meletakkan gelas tersebut,
istirahat sejenak sebelum mengangkatnya lagi".
Kita harus meninggalkan beban kita secara periodik, agar kita dapat
lebih segar & mampu membawanya lagi. Jadi sebelum pulang ke rumah dari
pekerjaan sore
ini, tinggalkan beban pekerjaan. Jangan bawa pulang. Beban itu dapat
diambil lagi
besok.
Apapun beban yang ada dipundak anda hari ini, coba tinggalkan sejenak
jika
bisa. Setelah beristirahat nanti dapat diambil lagi.

Hidup ini singkat, jadi cobalah menikmatinya dan memanfaatkannya. ..
Hal terindah dan terbaik di dunia ini tak dapat dilihat, atau
disentuh,
tapi dapat dirasakan jauh di relung hati kita.

Tidak ada komentar: