Kamis, Agustus 21, 2008

JUAL DIRI YUK!


Hueee…heee… judulnya “nggak” banget deh… padahal ini khan blog tentang copywriting?

Yo’i itu namanya intruiging headline! Judul yang ‘menggelitik’ orang untuk membaca.

Lantas, ngapain sih saya ngajak-ngajak jual diri? Ya iya lah… wong kita ini di dunia kerja ya selalu berusaha ‘jualan’ apa yang kita punya. Nah, pembelinya, kalau bukan company (kalau kita mo jadi pegawai) … ya client (kalau kita mo jadi pengusaha). So, ilmu jual diri ini penting banget khan?

Terus, apa sih yang musti kita perhatikan kalo mau jualan?
Coba deh pikir… pasti mutu, harga dan peta persaingan khan? Nah. Kalau gitu gampang deh, tinggal kita kulik apa sih ‘mutu’ kita?

Kalau dalam bahasa keren-nya, apa sih unique selling point- kita? Ada nggak ya? Kalau nggak ada, gimana dong…?

Copywriting, di atas kemampuan menulis dengan baik, indah dan sharp; adalah juga membutuhkan kemampuan berfikir analitis seperti ini. Kemampuan untuk mengurai keunikan suatu produk yang hendak kita ‘jual’. Untuk itu, tentu, diperlukan pengetahuan yang mendalam mengenai produk itu sendiri, bukan? Nah, produk apa yang paling anda kenal? Pastinya sih…, diri kita sendiri bukan?

Jual diri bagi seorang copywriter artinya adalah, melakukan analisis mengenai diri kita sendiri, dan membuat strategi bagaimana kita bisa menjualnya dengan cara yang se-kreatif mungkin, seindah mungkin!

Di situlah letak pentingnya sebuah portfolio: alat kamu buat jual diri!

Tidak ada komentar: