Selasa, Juni 24, 2008

RALAT, KRITIK & SARAN DR PEMBELI BUKU "HOW 2B GOOD CW"



Beberapa pembeli buku saya, telah sangat berbaik hati untuk mengirimkan kritik dan saran mereka. Saya posting di sini, supaya yang lain mafhum bahwa di buku tsb. memang masih banyak sekali kesalahan yang disebabkan oleh sifat buruk saya yang suka ngga teliti. Kalau kata Arie, saya butuh editor. Itu benar.

Ralat Afi dari Banyumas berikut tentang iklan Rolls Royce, juga benar. Bahwa Ogilvy membuat headline yang menggemparkan itu untuk Rolls Royce. Terimakasih banyak buat Arie dan Afi.

Sayangnya, mereka ngga ngirim foto, jadi saya kasih saja ilustrasi tentang "kritik".

Dari Afi, Banyumas:

Assalamualaikum...

Apakabar, Mba Nunu?
Saya sudah download ebook HowToBecomeAGoodCopywriter-nya mba Nunu. It's a great book about copywriting, Mba. Setelah membaca, saya jadi tambah jatuh cinta dengan copywriting. Dan semakin berhasrat untuk terjun bebas menjadi copywriter, secepatnya.

Ow ya, Mba. Mungkin ada beberapa hal yang kurang pas, nyasar di buku tsb. Seperti daftar isi yang kurang rapi, typo yang cukup mengganggu seperti; 'herbolik' yang mungkin maksudnya 'hiperbolik' (hal.27, alinea ke-4, baris pertama). Trus di hal.26 juga ada informasi yang janggal bagi saya, bukankah iklan legendaris Ogilvy tsb, dibuat untuk Rolls-Royce?


Tapi, buku Mba Nunu memang keren abiz, euy. Moga2 bisa segera meluncurkan buku berikutnya. Tentu saja tentang copywriting, tapi dengan pembahasan lebih spesifik dan praktis.


Terimakasih...

Berikut dari Arie, Surabaya:

Mbak Nunu, aku dah terima e-book-nya

Mantap mbak, gaya menulisnya juga ngalir. Meski saya baru baca sekilas, tapi yang saya cerna dari buku itu: JADI COPYWRITER ITU GAMPANG...hehehe, jadi inget sama bukunya Arswendo MENULIS ITU GAMPANG!

Mmmm...boleh saya kasih saran, Mbak?

Sangat disayangkan masih terdapat kata ataupun kalimat yang masih tidak baku, dan salah ejaan. Kalau saja poin ini diperhatikan, bisa jadi buku ini bisa dijadikan referensi resmi di dunia pendidikan ataupun di dunia advertising itu sendiri. Konten dari buku ini layak kok untuk dijadikan referensi, di tengah minimnya buku-buku yang membahas mengenai profesi ini di Indonesia.

Saya membayangkan buku ini ini setara dengan buku-bukunya Rhenald Kasali yang lebih banyak menyoroti sisi manajemen advertising. Cuman bukunya Mbak Nunu dari sisi kreatifnya...hehehehe.

Ini hanya masukan dari saya pribadi ya, Mbak. Maklumlah, saya seorang editor, jadi ada rasa "mengganjal" saat membaca buku, Mbak Nunu. Untuk kontennya OK banget kok, Mbak. Saya suka dengan buku-buku yang memakai contoh kasus dan pengalaman pribadi secara profesional dalam memaparkan tema tulisannya.


rgds,
arie


Wah, saya sungguh beruntung memiliki banyak teman yang mau menyempurnakan... buat Arie dan Afie, saya berikan eBook "Blog Profits Blue Print" secara gratis. Silahkan donlod...

Tidak ada komentar: