Kamis, Mei 08, 2008

DARI MANA KAH COPYWRITER MENDAPATKAN PENGHASILAN?


Kalo udah gawe di agency sih, jelas banget dapet gaji. Tapi di kalangan para pekerja kreatif yang udah bergaji ini pun masih ada ‘uang tambahan’ yang disebut side job, atau SJ atau SJDB. Hal yang sebenarnya ‘terlarang’ namun masih banyak dilakukan. Kenapa? Hehehe… apalagi kalo bukan “godaan rupiah?”

Tunggu dulu, kenapa juga deh masih ada klien-klien yang demen make tenaga SJ ini? Kan banyak biro iklan kecil yang ‘laper?’ Alasanya tentu: lebih murah. Klasik. Ada permintaan, ada penawaran.

Di sini lah sebenarnya peluang para ‘freelancer’ bisa berkarya. Bukan hanya ‘menjual’ dirinya ke agency, namun juga langsung ke klien. Biasanya, pekerjaan yang mereka tawarkan adalah pekerjaan yang ‘ga ada gengsi’ macem bikin laporan tahunan, company profile, web, booklet, brosur, newsletter. Ya. Pekerjaan yang biasanya bikin bete copywriter di agency. Tapi, jangan salah… uangnya gede lho?! Yang punya ‘order’ beginian malah biasanya perusahaan besar macam perminyakan, perbankan, pertambangan dll.

Baru-baru ini, ada fenomena paid blogger, yaitu penulis blog yang dibayar oleh perusahaan. Nah, di sini juga seorang copywriter bisa berperan tuh. Enak. Bisa kerja dari rumah. Cocok buat ibu rumah tangga. Paling-paling keluar bentar buat survey atau meeting.

1 komentar:

Ika Suci mengatakan...

Saya tertarik juga ingin menjadi freelancer. lebih bebas, flexibel, dan tidak mengekang. Cuma saya masih agak bingung, bagaimana ya cara memulainya? misalnya cara mencari klien, dsb. Mbak bisa bantu? Terimakasih..