Jumat, Mei 09, 2008

BERAPA HARGA JUAL SEBUAH SCRIPT/NASKAH IKLAN?


Pertanyaan yang menggelayuti para freelance writer mungkin salah satunya adalah pertanyaan mengenai ‘rate’ atau harga pasaran sebuah script. Well…. Itu relative sih…

Penentuan harga sangat tergantung dari ‘kualitas’ copywriter itu sendiri, bukan? Masalah ‘pricing’ adalah masalah marketing… so use your sensee and knowledge.

Sekedar info: pada tahun 1999, saya yang waktu itu menjadi creative director akhirnya memutuskan untuk berhenti kerja dan menjadi freelance copywriter. Pada saat itu, saya menjual script radio saya dengan harga 1 juta/script. Kalau company profile, saya minta sampai 10 juta tergantung tingkat kesulitanya. Saya bahkan juga menjual (dan laku!) kemampuan saya untuk memandu suatu tim kreatif dalam brainstorming session. Sekali session saya meminta 1 juta. Untuk brosur dll. saya ngga begitu ingat, tapi kisaranya antara 500rb sampai 2juta.

Charging yang saya lakukan itu sebenarnya jauh lebih murah dari standart charge-nya agency. Hal ini saya lakukan karena kebanyakan klien saya adalah agency. Tapi kalau berhubungan langsung dengan klien… tentu lain lagi khan?

Tahun 2000-an, standart charging ini bisa berlipat ganda nilainya. Saya pernah memakai jasa freelancer untuk membantu pitching suatu proyek. Mereka (satu tim: copywriter & art director) menagih kita 10 juta untuk kerjaan sehari itu. Setelah saya tanya kanan kiri, eh, emang segitu pasaranya???

Tidak ada komentar: