Senin, Maret 24, 2008

EDIT, EDIT, EDIT…!

Inilah bedanya seni menulis iklan dengan seni tulis menulis yang lain. Dalam menulis iklan, maka kemampuan anda untuk membuat kalimat yang ringkas, padat dan berisi menjadi sangat penting! Mengapa? Masih juga bertanya? Ck..ck…ck… please deh, iklan tidak dicipta untuk menjadi best seller book, khan? Sebaliknya, iklan berusaha dengan cerdik memanfaatkan waktu yang Cuma dua detik, untuk menyampaikan pesan sponsor… jadi, mengapa bertele-tele?

Kesalahan seorang copywriter pemula adalah, mereka seringkali too in love with their own work! Mereka sibuk merangkai kata seindah-indahnya untuk menerangkan kelebihan produk yang diiklankan. Emang ini menunjukkan passion yang besar sih… tapi… akan berpotensi untuk kehilangan konsumen juga! Jadi, please, re-edit apa pun sebelum script yang anda buat itu di present ke client.

Peraturan utama editing adalah: hilangkan, atau persingkat kata sambung:
Yang
Adalah
Selanjutnya… dll.
Lalu, ganti kata-kata yang panjang menjadi pendek, yang penting isinya sampai, bukan? Di sini lah penguasaan seorang copywrtiter terhadap kosakata bahasa menjadi penting, termasuk perbendaharaan sinonim-nya. Di sini juga lah biasanya copywriter lulusan dalam negeri memiliki keunggulan!
Contoh:
Berhadiah gelas cantik setiap pembelian 1 dus
Bisa di-edit menjadi:
Gratis gelas cantik tiap beli 1 dus

Kalimat kedua jadi lebih pendek, namun sama artinya bukan?

Hei, tugas utama kita adalah menyampaikan pesan, bukan membuat orang mengapresiasi kalimat nan indah dan benar yang kita tulis. Itu – kalau pun bisa – hanya menjadi sebuah compliment saja buat seorang copywriter.

Jadi, saran saya, cobalah edit kalimat anda setiap kali selesai merangkai kalimat. Hanya orang ‘cerdik’ yang mampu menggunakan waktu sesingkat-singkatnya untuk menyampaikan informasi sebanyak-banyaknya. Hanya copywriter handal yang bisa menggunakan kalimat sependek-pendeknya untuk menyampaikan informasi sebanyak-banyaknya!

Semoga manfaat!

1 komentar:

Nia mengatakan...

bisa lbh singkat lagi tuh mbak:
Beli 1 dus, gratis gelas cantik!


:p