Senin, Februari 04, 2008

PRESENTASI YANG BAIK, SEPERTI APA?

Kemampuan melakukan presentasi dengan baik akan merupakan nilai tambah tersendiri bagi seorang copywriter. Dalam wawancara awal sewaktu rekrutmen, hal ini pun akan sangat mudah dikenali oleh pewawancara. Seorang writer dengan kemampuan presentasi yang memadai akan dengan mudah melakukan komunikasi dua arah (dalam wawancara) dan menampilkan kemampuan serta kelebihan dirinya dengan baik.

Suatu presentasi biasanya dianggap baik apabila presentasi itu mampu mencapai tujuanya dengan cara yang menarik dari awal hingga akhir. Kadangkala, presentasi yang baik mampu menjual ide yang biasa-biasa saja dan sebaliknya, presentasi yang membosankan dan tidak meyakinkan akan membuat ide bagus kelihatan tidak berharga.

Tujuan dari presentasi dalam dunia periklanan biasanya adalah untuk menjual ide; baik ide kreatif maupun ide lainnya, termasuk media planning. Karena bertujuan menjual, maka pastilah presentasi itu berusaha keras untuk meyakinkan audience-nya. Jadi, presentasi adalah komunikasi yang bersifat persuasive, persis sama dengan iklan itu sendiri.

Untuk bisa meyakinkan dan selanjutnya menjual, maka terlebih dahulu kita harus yakin akan apa yang kita presentasikan tersebut. Kita harus yakin bahwa itu adalah ide terbaik, lengkap dengan segala macam alasanya. Keyakinan itu akan membuat kita mampu meyakinkan orang lain pula.

Bila audience dalam meeting itu cukup banyak, pastikan masing-masing orang bisa mendengarkan dan melihat apa yang sedang anda presentasikan. Lakukan tes alat terlebih dahulu, apakah slide anda bisa dilihat dengan jelas oleh audience paling jauh? Bila tidak, bagaimana anda menyiasatinya? Mungkin perlu materi dalam bentuk hard copy? Inilah pentingnya persiapan. Dan bila anda tak sempat melakukanya (saya kok yakin ini sering terjadi), maka jalan paling ‘slamet’ adalah membawa semuanya, termasuk hard-copy. Just in case listrik mati pun (hal terburuk), presentasi tetap jalan, kan?

Selain persiapan alat, materi, dan sitting arrangement, maka persiapkan juga diri anda! Karena anda lah yang akan menjadi pusat perhatian. Mulai dari penampilan, hingga penguasaan terhadap materi, termasuk urutan slide. Hal-hal konyol seperti salah pencet sehingga slide yang semestinya belum keluar, bisa dihindari jika anda cukup menguasai materi.

Karena anda adalah bintang dalam setiap presentasi, maka cobalah untuk menguasai setiap audience dengan baik. Lakukan contact mata dengan semuanya, bicaralah dengan intonasi yang pelan, jelas, dan dengan volume yang cukup, tidak terlalu keras serta tidak terlalu pelan. Cobalah berlatih untuk bicara meyakinkan di depan cermin setiap hari! Sebab bukankah tiada hari tanpa presentasi? Bahkan dalam brainstorming dengan partner pun anda sebenarnya tengah melakukan sebuah presentasi bukan? Ya, yang paling penting guna meningkatkan kemampuan presentasi adalah latihan, latihan, dan latihan!

Tidak ada komentar: