Selasa, Februari 19, 2008

HENTIKAN ‘PEMERKOSAAN’ DALAM BRAINSTORMING

Seringkali saya jumpai, anggota tim yang udah melakukan brainstorming berjam-jam, namun ternyata tak menghasilkan ide yang cukup bagus. Nah lho, di mana salahnya? Apa peserta brainstorming terlalu bego, ngga kreatif, atau bagaimana?

Brainstorming adalah salah satu tehnik untuk mencari ide, yang paling banyak dikenal dan digunakan. Namun, tak semua orang yang pernah menggunakanya betul-betul tahu cara melakukan brainstorming secara benar. Sehingga hasilnya ya seperti itu tadi… bingung, pabaliyut jeung hitut.. ngga puguh… tetep aja stuck sama ide-ide konvensional. Akhir-akhirnya di judge deh, bahwa kita ngga kreatif! Punten, mungkin yang nge-judge juga belum tahu cara ber-braintorming secara benar??? Hehe.. maaf...

Ketika kita melakukan brainstorming, maka kita secara aktif menggunakan salah satu sisi dari otak kita, menggunakan cara berfikir ‘divergen’ yang imajinatif, playful dan fun. Oleh karena itu, sebaiknya kita mengistirahatkan bagian otak kita yang lain, yang berfikir dengan cara ‘konvergen’ yang analitis dan menghakimi. Kenapa? Karena keduanya takkan pernah bisa berjalan secara bersamaan!

Dalam brainstorming yang benar, ada komitmen yang harus dipenuhi:

1. “NO NEGATIVE” : Artinya, setiap anggota yang terlibat dalam brainstorming itu tak boleh berkata dan atau berfikir negative tentang ide – sebodoh apa pun – yang dilemparkan di forum. Ngga ada kata-kata mencela, mengkritik, menjatuhkan. Semua yang angkat bicara harus mencoba untuk mengembangkan ide yang dilemparkan.

2. “NO BAD IDEA”: tahukah anda, penemuan-penemuan besar di dunia ini dimulai dari ide yang kelihatanya sangat bodoh? Ingat, the most original thing on earth was ugly. Contohnya ya.. kita semua ini waktu baru lahir… original and ugly.. (coba deh tanya nyokap..;)

3. “NO RULE”: bersikap bebaslah ketika melakukanya, sebab anda tak akan dihakimi, tak boleh dibatasi, tak bisa dikekang. Dalam brainstorming yang sesungguhnya, kita bebas menjada apa dan siapapun. Inilah yang memungkinkan terlemparnya the most craziest idea ever!

Saya tahu, sulit untuk mempraktekkan hal ini, terutama karena kita sudah terbiasa dengan mengkritik, mencela, menggunjing, berfikir jelek tentang orang lain, takut salah, takut dianggap bodoh. Memang begitu kebanyakan kita dibesarkan di Indonesia ini bukan?? Coba saja lihat tayangan TV kita yang penuh dengan gossip, investigasi (yang berakar dari kecurigaan), berita-berita criminal yang semua itu menumbuh- suburkan kerangka berfikir negative.

Tapi, begitu anda terbiasa untuk melakukan brainstorming secara benar, maka ide-ide segar akan mengalir begitu lancar… Nah, selamat mencoba!

Tidak ada komentar: