Rabu, September 26, 2012

TATA TERTIB / SOPAN SANTUN MELAMAR JADI COPYWRITER

Berikut ini saya copas dari grup Ahensi, yg diposting oleh Aryan Pramudito....sapa tahu berharga buat temen-temen...!  Selamat membacar!!

Maaf kakak Mod dan Min…. saya mau share sedikit ya tentang etika melamar boleh ya? mumpung banyak yang naruh lamaran dan mencari lamaran di sini..

Jadi gini ceritanya. Saya beberapa kali buka lamaran. Seringkali yang masuk melamar itu lamarannya menurut saya nggak proper. Nggak ada application letter, nggak ngasih foto, trus ngasih pdf portfolio juga asal-asalan.
Hari ini saya dapet sebuah lamaran yang bikin saya sebel banget karena pelamar hanya menulis di subjek emailnya: Copywriter. Trus udah itu di body emailnya hanya bertuliskan,”Please see my portfolio at www. blablabla .com” bahkan tanpa ada ditujukan kepada siapa.

Begitu saya buka portfolionya lebih ancur lagi. Kerjaannya secara konsep ya… gitu deh (tapi konsep mah bisa diasah ya?) tapi kan dia itu melamar untuk posisi copywriter ya? Yang terjadi adalah di dalam kerjaan2nya disitu banyak misspell, bahasa inggris asal yang kurang 1-2 huruf, bahkan bahasa Indonesia di iklan rokok ‘cuman’ bagian health warning yang … Hancur lah pokoknya.

Mungkin memang nggak ada yang ngajarin ya bahasa korespondensi itu kayak apa. Mungkin emang common sensenya juga belum keasah. Nah, daripada judging aja, saya share deh menurut saya melamar itu baiknya gimana. Menurut saya, melamar itu, baik lewat Email maupun kirim minimal harus memenuhi point-point berikut ini:

1. Application Letter. Ditujukan ke siapa, mau jadi apa, apa yang bisa lo jual dari diri lo itu Penting dan musti jelas! Dalam bahasa inggris lebih baik. Karena application letter itu sifatnya ‘permisi’ dan biasanya bisa menggambarkan attitude, tone dan mannernya si pelamar. Saya sih biasanya kalo liat application letternya jelek udah males buka sisanya...

2. Curiculum Vitae. Mengambarkan perjalanan karir si pelamar. Kalo di sini aja udah keliatan acak-acakan, sementara ini menggambarkan tingkat akademis dan perjalanan karir si pelamar, mau bilang gimana? Dan jangan lupa kasih foto serta nomer kontak terbaru ya di situ.

3. Portfolio. Harus banget cantik dan menjual. Bisa dijadiin Pdf, bisa juga kasih alamat yang mudah diklik. Perlu diingat, yang ngelamar bukan cuman elo doang, jadi ya bikin semuanya efektif. Sekali lo bikin link susah atau kirim JPG kegedean ya wasalam lah lamaran lo.

Gitu menurut saya. Maaf ya bikin notenya kepanjangan. Bukan mau sok tau atau apa, tapi sayang aja kalo punya bakat bagus tapi nggak keliatan karena udah nyepelein surat lamaran yang dibikin asal-asalan. Banyak kok agency yang tadinya nyari mid creative, trus tau2 ada junior bagus mereka rela ngambil turun kelas buat ngajarin. Kesempatan kayak gitu ilang kan kalo lamaran aja nggak kebaca?

Terima kasih sudah membaca, mudah-mudahan berguna. Tolong tambah-tambahin ya kalo dirasa perlu. Kalo nggak perlu ya maaf :D

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Masak sih mas konsep, ide, pemikiran bs diasah?? Bknnya eksekusi yah yang bisa diasah, dan banyak berlatih?? Mohon maaf loh sebelum dan sesudahnya..Makasih seblmnya