Kamis, April 01, 2010

Jurus ‘Mencuri’ Perhatian Para Creative Director

Kamu udah ngirim banyak lamaran tapi gak dipanggil-panggil juga..? Why oh why...apa yang salah dalam surat lamarankyu..??!! (gitu kali dalam hati loe)

Nah, Kalo kamu mau jadi org kreatif, ya tunjukkan dooong...sejak awal ...banget, kalau kamu emang kreatif!

How?

Cekdisot!

Kamu kudu bikin:
- surat lamaran yg kreatif
- CV yg kreatif
- portfolio yg merefleksikan kemampuan kamu

surat lamaran yg kreatif, yg kayak apa...?

Jaman sekarang khan jaman internet ya? Jadi ngelamar jangan pake surat/hard copy...it's so jadul & will give you the image of a jadul person....sueeer...!! Gw kalo nerima surat lamaran hard copy (apalagi pake perangko) cuma senyam senyum doank sambil bergumam: hareee geneee masih pakai pos??? Kemane aje nih anak..?!!

So, buatlah lamaran dengan email, dg SUBYEK YG MENARIK perhatian. Apalagi kalau kamu melamar jadi copywiter! Di tahap awal inilah kamu sudah mulai bisa show off sehebat apa your wording power and creativity!

Mau contoh? beberapa calon copywriterku pernah membuat subject sbg berikut:
- an UI student found dead in...(bla bla bla...aku lupa)
- siap bertugas,grak!

denga subyek yg 'menggelitik' seperti itu, membuat seorang CD jadi gatel pengen buka email. Ingat: CD itu org sibuk, kadang ada yg cuek, ada yg males, apalagi kalo tahu itu surat lamaran... Nah, maka kamu perlu 'menarik perhatian' dia dengan judul subyek yg menarik...

Setelah itu, jangan lupa membuat resume/CV yang kreatif, mau contoh?

Buat CV dgn tema tertentu, misalnya, tema militer. Lamaran yg bersubyek 'siap bertugas,grak!' tadi menyertakan CV dgn tema militer. Jadi, sangat terintegrasi. Ya lamaranya, ya CV nya.

Ada juga yg bertema fiksi, bahkan ada yg bertema techno (CV nya sengaja dibuat sedemikian rupa seolah2 merupakan petunjuk pemakaian suatu barang elektronika). Cute bukan?

Kamu harus mencari tema yang sesuai dengan karaktermu, lalu mengaplikasikanya dalam CV maupun surat lamaran. Kalau temanya 'militer', maka image yang didapat ya: orang nya tegas, sigap, disiplin...

Portfolio

Dalam menilai portfolio seorang calon copywriter, sebenarnya yg penting dinilai adalah kreativitas dan wording powet. Masalah konsep, masih bisa ditolerir..
Tapi kalau seorang copywriter senior, baru deh kemampuan dalam membuat konsep menjadi pertimbangan utama.

portfolio seorang copywriter sebenarnya cukup dgn script!! Naskah!! Kaga perlu gambar... enak khan?!!

saranku: pilihlah membuat naskah iklan dari brand yg sudah terkenal, sehingga kamu hanya fokus pada mencari ide, membuat judul yg menarik, dst. yang bisa memperlihatkan kekuatanmu dalam berkreasi dan atau mencipta kata-kata yg indah.

Sooo.... met mencobaaa!!

Tidak ada komentar: