Selasa, Desember 01, 2009

KATA-KATAMU, HARIMAU KLIEN!

Beberapa bulan terakhir ini saya lagi coba-coba bisnis retail, mau coba-coba dapetin insight-nya client. Naah.. di sini lah saya kembali dihadapkan pada basic need dari sebuah copywriting! Saya seolah ditonjok oleh waktu. back to square. kembali ke masa primitif copywriting! (apa ada ya?!)

Kalo tadinya saya terbiasa merencanakan komunikasi dengan budget yang gede, dengan TA yang luas, dengan idealisme, maka kini saya belajar (kembali) untuk menciptakan copywritinbg yang bisa MENJUAL! Copywriting yang bisa mendatangkan uang! Heheh... rasanya udah lama banget saya nggak berhubungan dengan SALES di sini...

Tapi bener banget, ketika kita dealing with local client atau UKM, mereka selalu bicara mengenai sales impact. dan apakah itu nggak bisa? Ya harus bisa ddoooong... lha wong iklan/materi marcomm lain khan dibiayai dari nilai penjualan yang didapat?!!!

Nah, di sini saya belajar lagi bagaimana membuat script brosur yang bisa memotovasi orang untuk datang, mencoba dan akhirnya membeli.. bagaimana membuat materi POP yang menggerakkan orang untuk mendekat...bagaimana menciptakan email blast yang membuiat orang mau memforward... what a lesson!

Kata Dale Carnegie: pada dasarnya setiap orang hanya peduli pada urusanya sendiri. jadi, barang siapa yang bisa membuat orang lain merasa beruntung, dia akan dapat menggiring orang itu mengikuti apa pun yang kita mau!

So, copywriters, be careful.. you are not what you write. But your client do!

1 komentar:

GrandChief mengatakan...

hemmmm nice banget nih artikelnya bisa membuat smangat....:) hehehe ngikut mbak mohon bimbingannya