Senin, April 13, 2009

HOW TO CREATE GOOD RADIO COMMERCIALS ?

Dalam sebuah sesi seminar, di mana saya diminta untuk mengisi / membawakan materi berjudul “Penulisan Naskah Iklan Radio” tahun 2008 lalu, ada salah satu peserta yang bertanya:

“Untuk apa sih kita mikirin iklan radio? Kan udah ada TV! Orang lebih suka lihat TV tuuh!” begitu katanya.

Nah, untuk menjawab pertanyaan itu, saya langsung melemparkan pertanyaan balik kepada seluruh peserta seminar (kira-kira 200-an orang, dengan range usia 20 tahunan).

“Siapa yang masih suka mendengarkan radio di sini?”

Dan lebih dari separo peserta yang mengangkat tangan mereka. Oleh karena itu, saya menjawab pertanyaan ini dengan yakin:
“Selama masih ada yang mendengarkan radio, maka masih akan ada iklan radio!”

Saya sendiri masih mendengarkan radio setiap kali berkendaraan (soalnya cassette player mobil kami rusak semua!). Sehingga minimal 2x sehari saya mendengarkan radio, yakni di waktu pagi dan sore, pergi-pulang kantor. Kebiasaan di Jakarta ini sangat berbeda dengan kebiasaan saya di Surabaya, yang masih sering mendengarkan radio di waktu jam kerja. See? Orang yang sama, ternyata punya kebiasaan mendengarkan radio yang berbeda ketika berada di tempat yang berbeda!

Itulah salah satu kekuatan radio: ia bersifat local, dan personal. Sifat yang sulit ditandingi oleh medium lain. Belum lagi kelebihan-kelebihan lain yang dimilikinya seperti: murah, imajinatif, cepat, dan memiliki audience dengan tingkat loyalitas tinggi. Nggak heran, di zaman internet begini, media radio masih tetap eksis, baik di kota maupun desa, di kalangan atas maupun bawah…

Mengenai kelebihan dan kekurangan radio, serta bagaimana memanfaatkan medium ini dengan sebaik-baiknya, telah saya tulis dan rangkum menjadi sebuah eBook yang bisa anda donlod di copywritingskill.com. Di situ juga saya berikan banyak contoh-contoh naskah iklan radio yang keren, baik dari dalam maupun luar negeri, termasuk yang telah memenangkan berbagai penghargaan.

Untuk seorang copywriter sejati, menulis script radio adalah suatu tantangan tersendiri. Hal ini karena hanya copywriter yang betul-betul bagus yang mampu menulis naskah iklan radio dengan baik, serta mewujudkanya / mengeksekusinya hingga menjadi sebuah spot iklan radio yang menggetarkan!

Untuk tahu lebih lanjut mengenai isi buku ini, silahkan klik gambar di samping kiri atas.. dan anda pun akan di direct ke laman web yang bersangkutan…
Silahkan….Oh ya, jangan lupa berikan kritik dan saran-nya!!

3 komentar:

Mencret mengatakan...

aku tau seminar itu dimana! pasti di BSI kaaaaaaaaannnnn????

hehehehehehehe......

Ayu Sinta mengatakan...

huuaa...finnaly kluar jg bukunya y mba, kayaknya penuh dg perjuangan nii :p

ini bntuknya buku/e-book mba? kl e-book yg bs ngedownload hanya anggota permanen aj y mba? :(

nunu andini mengatakan...

iya betul, itu di BSI. koq tahu siih?!

Ayu, eBook penuh perjuangan ini (betul!) bisa didonlod siapa aja kok. coba deh ke we copywritingskill !