Senin, Maret 16, 2009

TIPS ON HOW TO BECOME A FREELANCE COPYWRITER


Dengan makin bertambahnya demand atas keberadaan freelance copywriter, maka saya ingin sharing tentang bagaimana caranya/ step by step untuk bisa mendapatkan job freelance copywriter ini. Sebenernya sih… saya capek ditanyain masalah ini (hihi.. ketahuan, nulis karena apa!). jadi saya harap, setelah tulisan ini saya buat, ngga ada lagi pertanyaan serupa ya?!

Freelane jobs opportunities yang dateng belakangan ini dan di masa yang akan mendatang, saya yakini akan banyak berupa materi BTL (below thr line) dan web copywriting. Soalnya, mater-materi tsb. lebih bisa di outsourcing-kan. Kalau materi ATL sih… biasanya berat di strategi dan teamworking, makanya biasanya dilakukan dalam agency. Jarang loh yang memberikan job ATL kepada freelancer? Kalau pun ada, mungkin agency yang udah kepepet…pet atau client yang mau “ngirit” (tapi malah bisa jadi ngorot-orot loh…?)

Nah, sekarang, apa sih yang dibutuhkan para pemberi job ini? Bagaimana mereka bisa mempercayai anda, sehingga mau (dan rela membayar) untuk pekerjaan yang (mungkin) bisa mereka kerjakan sendiri?! Hei, bukankah saya pernah bilang, banyak orang merasa mampu membuat brosur sendiri, membuat iklan sendiri, membuat company profile sendiri?! Nah…!

Jadi tugas awal anda adalah MEYAKINKAN prospek ini agar mereka mau memilih anda sebagai percon in charge dalam hal tulis-menulis.. Sekarang, HOW?!

Pertama, anda harus mempersiapkan portofolio professional anda. Berupa apa?
Ya....tentunya berupa....(baca kelanjutan-nya di forum copywritingskill.com)

Tidak ada komentar: