Rabu, Maret 04, 2009

CREATING A BRAND NAME


Bikin nama, apa sih susahnya? Kasih nama aja, toh, apalah artinya nama?! Begitulah mungkin argument sebagian orang yang percaya pada kata-kata Shakespeare: what is a name?

Are you serious?!! Do you really believe in it?!

Kalu ya, mau nggak nama kamu diganti dengan si kuman, si upil atau si jigong?!!!!!!!!

Heheh!

Hari ini, seorang copywriter baru sedang berusaha membuat name studies untuk salah satu produk elektronik yang sedang kami tangani. Teman saya (the owner of the agency) sevara khusus meminta saya untuk membimbing langsung anak baru ini. Apa yang terjadi? Dalam review pertama, tak satu pun sederetan nama yang diajukanya lolos dari meja review. Kemudian, beberapa hari kemudian (damn! Untuk membuat SATU nama aja perlu beberapa hariiii???!!!) kami mengadakan review kedua, dan lagi-lagi, dari dua lembar HVS berisi pilihan nama yang disodorkanya, tak satu pun yang disetujui! (padahal saya masih menunjuk 2 nama dengan komen: this might works!).

So, gimana sih, membuat brand name yang baik?!

Nama yang bagus menurut saya adalah nama yang memenuhi kriteria sbb.:
- memorable
- unik
- relevant (both to the produck and target market)
- insightful
- inspiring

Nama yang demikian bisa digali dari dua arah (again): product knowledge & consumer’s insight.

Again, keragaman name studies akan sangat dipengaruhi oleh luas-sempitnya wawasan serta pengetahuan kosa kata dalam berbagai bahasa dari si copywriter!

Tidak ada komentar: