Senin, September 15, 2008

BAGAIMANA MULAI BELAJAR MENJADI COPYWRITER?


Beberapa hari lalu, saya mendapat email ini. Pertanyaanya cukup mendasar, dan jawaban saya cukup umum. Sengaja saya posting di sini, karena beberapa kali ada teman-teman yang menanyakan hal yang sama. Jadi, saya fikir... jawaban saya ini mungkin berguna bagi mereka juga. Nah, selamat membaca!

Dear Mbak Nunu,
> Saya sedang memasukkan keyword copywriter
> course ke google, sampai nyasar ke blog mbak Nunu. Saat ini
> memang saya sedang mencari kursus untuk menjadi copywriter.
> Baru setahun saya terjun ke dunia menulis dan saat ini saya
> bekerja di majalah XXX (sensor by Nunu) sebagai penulis-- yang dalam
> perjalanannya membuat saya juga tertarik menjadi copywriter.
>
> Kira-kira apakah mbak Nunu bisa memberikan
> info dimana atau bagaimana saya bisa menjadi seorang
> copywriter. thanks sebelumnya.


Jawaban Nunu:

Saat ini sih kalau sekolah offline ngga ada yang spesialis ke sana. Bahkan ITKP, sekolah advertising sendiri pun, hanya mengajarkan basic banget (ada beberapa anak di kantor yang alumni sana).

Kalau mau belajar yang bisa dipraktekkan, coba deh baca buku aku berjudul "How to Become a Good Copywriter". Di sana ada how to prepare portfolios dan bagaimana memasuki dunia per-CW-an.

Kalau kamu udah baca semua, coba siapkan portfolio kamu, bisa konsultasi sama aku melalui forum. Nanti aku kasih kritik dan saran atas portfolio kamu itu di forum.

Kalau kamu mau lebih serius lagi, coba ambil certificate of excellence. Di situ kamu akan aku beri kesempatan 'ujian' dalam mempertahankan portfolio kamu. Tim penguji akan terdiri dari setidaknya 3 Creative Director. Dan kalau lulus dengan pujian, aku bisa pastikan akan banyak agency berebut merekrut kamu! Soalnya teman-temanku yang jadi CD di beberapa agency sangat percaya mengenai kemampuanku menyeleksi maupun menilai seorang copywriter. Secara aku ini kritis dan galak banget :( ke junior-ku. Hiks. Ada salah satu copywriter-ku yang bahkan menjuluki aku "dewa" ...

Nah, langkah pertama emang baca buku itu. Sebab isinya udah lengkap banget. Sengaja aku tulis buat share ilmu yang aku tahu. Silahkan donlod buku itu di http://copywritingskill.com

Caranya?
Coba masuk ke halaman eBook, klik buku yang kamu inginkan lalu klik checkout. Nanti kamu bakal dapet order number. Selanjutnya, admin akan memandu kamu ke langkah-langkah berikutnya.

OK. Selamat belajar! Tapi ingat: menjadi copywriter itu satu bidang yang sangat berbeda loh dengan menjadi penulis majalah? Siap???!!!!

Love,
Nu2

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Maaf mbak, saya mau tnya. Gmna cara memulai karir sbg copywriter. Saya bukan orang yang memiliki pengalaman di bidang advert, jurnal, maupun marketing. Saya memiliki background komputerisasi. dan saya tertarik bgtu melihat job ini. saya ingin tahu aa yg sebaiknya sy lakukan untuk awal mencoba menjadi copywriter? Trims