Rabu, April 28, 2010

LOWONGAN MULU SEEH..!

Hehe, biasa, ada yg protes..

Tapi, let's see the bright side deh: ada banyak lowongan khan artinya ada banyak kesempatan buat calon copywriter..? Eh, yg udah jadi copywriter juga perlu khan info2 buat 'loncat'..?

kalo saya sih seneng ngposting lowongan karena alasan sederhana: tinggal copas! (ups, ketahuan..!)

maklum deh konsentrasi saya akhir-akhir ini lebih ke branding, jadi keilmuan di bidang penulisan harus 'dipancing' dulu dengan banyak pertanyaan...haha!

Jangan kuatir, buat forum member sih tetep aku jawab semua pertanyaan seputaran copywriting (namanya juga udah komit).

Kebetulan pertanyaan Alindz kali ini adalah tentang "Bagaimana sih membuat copy yang brilliant..?" Apa tips & trik agar kita bisa membuat copy yang bagus..?

Hehe, itu sih perkara gampang... soalnya cuma perlu meningktan kemampuan dalam crafting: improving wording power!

Hei, kayaknya saya udah nemu judul baru nih..!

Selamat belajar semuaaa....(bahkan yg udah gawe, jangan lupa tetap belajar ye?!)

Senin, April 26, 2010

LOWONGAN COPYWRITER DI AGENCY AFILIASINYA JEPANG

A multinational agency is looking for a qualified Copywriter with requirements as here under:

Female
Tough
Confident
Creative
Proficient in English, both oral and written
Having at least 1 year of experience in advertising
Having a background in media/ journalism is a plus

Please send your CV and latest portfolio to zenobia@chuosenko. co.id and mark@chuosenko. co.id

Regards,
Felicia Hutabarat

Kamis, April 22, 2010

LOWONGAN DI MULTINATIONAL AGENCY

Nih, barusan dapet email dari mantan... (mantan member forum, maksudnya...!!) siapa mau???! Siapa yg mau dapet rekomendasi?!! (hihi, yg ini sih khusus member yg udah bolak-balik minta disupervisi portofolionya!)

Nah, buat mereka yg udah ngambil CE (Certificate of Excellence), yang dapet grade B, biasanya langsung aku rekomend tuh ke pencari pekerja gini. And you know what?!! Biasanya pada ho-oh aja tuuh..?

oks deh, nih emailna; baca baca baca (ngomongnya gaya Upin Ipin):

Dear Mbak Nunu,

Mohon bantuannya untuk posting job vacancy ya mbak. Kalau ada kandidat yang mbak kenal juga tolong diinformasikan :) Thank you very much!


McCann World Group is looking for a COPYWRITER:

- Male/Female
- 3 years working experience in advertising agency
- Creative
- Able to work under pressure and meet tight deadlines
- Good written/spoken Bahasa Indonesia and English
- Young spirited

If you meet these requirements, please send your resume and portfolio to:

niken.widia@ap.mccann.com

--

Rabu, April 21, 2010

LOWONGAN YANG ANEEEH....

Beberapa waktu lalu ada temen saya yang ACD di sist company nya Lowe kontak, dia minta dicariin jr copywriter yang bagus, muda, cowok dan....kasep!!! Hih dasar aneh...masak cari copywriter juga lihat tampangnya seeh..?!! Dia cuma ketawa ketiwi aja. Nah kalo semua ACD kayak dia nih, kecian khan yg tampangnya ancur macem diriku nih?!

Ya udah, akhirnya saya hubungi 2 anggota forum copywritingskill agar melamar di sana. Mudah-mudahan sih ga di harash yach..???!! Habis...syaratnya mencurigakan gitu! Hahahaaa....

Nah, terus, hari ini ada lagi nih lowongan 'aneh'...masak dia cari copywriting..? Mana bisa copywriting ngelamar! Hahah! Yang bisa tuh copywriter tahuuuu???!

Ya udah, biar aneh tetep saya postingin sesuai redaksi dari dia ya..? Happy hunting! Have a nice day...

K.C Partners, advertising/ design (jakarta) membutuhkan junior copywriting.

he/she must be:
1. english literate (both writing and verbal)
2. highly motivated and has 'can-do' attitude
3. fun
4. creative in articulating ideas

send your best works and cv to gecetwo@yahoo. com

Selasa, April 13, 2010

LOWONGAN COPYWRITER DI LOCAL AGENCY

One of top ten advertising agencies is currently seeking highly motivated individuals with positive attitude to compete our challenge as:

COPYWRITER
Male/female, max. 32 years old
Preferably well known university graduates
At least 3 years experience in the same position from Indonesian Top 10 Advertising Agencies
Creative, possess strong conceptualizing skills


General Requirements:

· Fluent in English both oral and written

· Energetic and flexible person

· Hard working and able to work independently as well as in a team





Submit your application, CV, portfolio (for those who apply to Creative Division) and recent photograph within 2 weeks after this advertisement and kindly mark the envelope or filled the email subject with the code position applied to one of top ten advertising agencies: hrd@dwisapta. com

Jumat, April 09, 2010

NASKAH IKLAN GOES OFFLINE

Anak-anak forum (juga yang lain ding!) minta ada kelas/pertemuan offline.. udah lama sih permintaanya; tapi kayaknya baru bisa terealisasi tahun ini (mudah-mudahan).

Nah, aku mo nanya nih...kira-kira enaknya acaranya kayak apa ya..? Semacam seminar, workshop,sharing, atau ngobrol2 aja di cafe...? Kenalan2 doank...?

Terus, aku bisanya cuma weekend, setuju nggak??!!

Ayo, berikan suaramu! (cieh,kayak kapanye pemilu ajee!)

Rabu, April 07, 2010

LOWONGAN COPYWRITER DI LOCAL AGENCY

MAGNIVATE looking for COPYWRITER

We are a fast-growing Digital Agency based in Jakarta
We currently looking for a qualified candidates to fill the position in our company as:

COPYWRITER
(Code: CW)

Requirements:

* Female/male, maximum age 26 years
* Graduate from reputable university, hold minimum Bachelor Degree majoring in Communication (Journalism) or experienced working in media min. 6 months
* Good command and understanding in English is mandatory
* Computer Literate
* Internet Savvy
* Passionate about writing and (of course) digital advertising

If meet all the requirements and up to this challenge, please
submit your CV and portfolio to :

firly@magnivate. com

and please put job code as email subject.

Kamis, April 01, 2010

Jurus ‘Mencuri’ Perhatian Para Creative Director

Kamu udah ngirim banyak lamaran tapi gak dipanggil-panggil juga..? Why oh why...apa yang salah dalam surat lamarankyu..??!! (gitu kali dalam hati loe)

Nah, Kalo kamu mau jadi org kreatif, ya tunjukkan dooong...sejak awal ...banget, kalau kamu emang kreatif!

How?

Cekdisot!

Kamu kudu bikin:
- surat lamaran yg kreatif
- CV yg kreatif
- portfolio yg merefleksikan kemampuan kamu

surat lamaran yg kreatif, yg kayak apa...?

Jaman sekarang khan jaman internet ya? Jadi ngelamar jangan pake surat/hard copy...it's so jadul & will give you the image of a jadul person....sueeer...!! Gw kalo nerima surat lamaran hard copy (apalagi pake perangko) cuma senyam senyum doank sambil bergumam: hareee geneee masih pakai pos??? Kemane aje nih anak..?!!

So, buatlah lamaran dengan email, dg SUBYEK YG MENARIK perhatian. Apalagi kalau kamu melamar jadi copywiter! Di tahap awal inilah kamu sudah mulai bisa show off sehebat apa your wording power and creativity!

Mau contoh? beberapa calon copywriterku pernah membuat subject sbg berikut:
- an UI student found dead in...(bla bla bla...aku lupa)
- siap bertugas,grak!

denga subyek yg 'menggelitik' seperti itu, membuat seorang CD jadi gatel pengen buka email. Ingat: CD itu org sibuk, kadang ada yg cuek, ada yg males, apalagi kalo tahu itu surat lamaran... Nah, maka kamu perlu 'menarik perhatian' dia dengan judul subyek yg menarik...

Setelah itu, jangan lupa membuat resume/CV yang kreatif, mau contoh?

Buat CV dgn tema tertentu, misalnya, tema militer. Lamaran yg bersubyek 'siap bertugas,grak!' tadi menyertakan CV dgn tema militer. Jadi, sangat terintegrasi. Ya lamaranya, ya CV nya.

Ada juga yg bertema fiksi, bahkan ada yg bertema techno (CV nya sengaja dibuat sedemikian rupa seolah2 merupakan petunjuk pemakaian suatu barang elektronika). Cute bukan?

Kamu harus mencari tema yang sesuai dengan karaktermu, lalu mengaplikasikanya dalam CV maupun surat lamaran. Kalau temanya 'militer', maka image yang didapat ya: orang nya tegas, sigap, disiplin...

Portfolio

Dalam menilai portfolio seorang calon copywriter, sebenarnya yg penting dinilai adalah kreativitas dan wording powet. Masalah konsep, masih bisa ditolerir..
Tapi kalau seorang copywriter senior, baru deh kemampuan dalam membuat konsep menjadi pertimbangan utama.

portfolio seorang copywriter sebenarnya cukup dgn script!! Naskah!! Kaga perlu gambar... enak khan?!!

saranku: pilihlah membuat naskah iklan dari brand yg sudah terkenal, sehingga kamu hanya fokus pada mencari ide, membuat judul yg menarik, dst. yang bisa memperlihatkan kekuatanmu dalam berkreasi dan atau mencipta kata-kata yg indah.

Sooo.... met mencobaaa!!