Kamis, Mei 28, 2009

TALK OF THE TOWN

Hari itu, 20 mei 2009, iklan satu halaman sebagai openingnya Grand Indonesia di harian Kompas yang hanya berupa kata-kata tanpa gambar dan bahkan tanpa logo, menjadi perbincangan hangat di milis. Ada yang memuji, tapi juga yang mencela. Ada yang tersinggung, namun juga cuek aja. Inti yang bisa saya sukuri hanya satu: iklan itu ternyata dibaca! Dan, bukankah itu memang tujuan sebuah iklan? Menarik perhatian, lalu dibaca. That’s it!

Sebenarnya, iklan ini hanyalah sebuah iklan yang sederhana: a simple announcement of a project’s grand opening. Tantanganya hanya satu: bagaimana opening ini tidak ‘tertelan’ di tengah iklan lain yang sejenis, dan oleh berita hangat kasus Antasari Azhar serta pilpres. Jadi, nilai uniqueness of the ad menjadi satu point penting untuk diperhatikan, dijadikan prioritas. Dan bravo untuk Aryo yang telah berhasil membuat sebuah ‘intriguing headline’ . (dari dulu gue yakin kok Yo, kalau kamu bakal jadi copywriter yang bagus!).

Salah satu criteria dalam mereview sebuah konsep iklan adalah sebuah pertanyaan:
Will it be the talk of the town…?
Ya, sebisa mungkin kita mendorong tim untuk menciptakan materi seperti itu. Tapi, kalau pun tidak bisa, masih acceptable sepanjang masih relevan dengan tujuan iklan itu dibuat.

Saya masih ingat bagaimana Aryo sangat antusias sepulang dari presentasi: ”wah, bu! Baru kali ini saya merasakan semua kelelahan saya terbayar... client pada tepuk tangan... ada yang berdiri...”
Ya, memang dia telah begadang beberapa malam untuk presentasi GI, saya senang dia bisa merasakan kenikmatan sebuah perjuangan (cuih, kayak bahasa untuk masa perang aja!)

Congratulions for the team!
FYI, pagi itu aku dapet email yang memuji hasil karya kalian itu dengan two tumbs up. I think you guys deserve it more than me…

Rabu, Mei 27, 2009

MAKASIIIIIH......!!!

Tadinya hari ini nggak mau posting nih, soalnya masih muter2 di jalanan nyiapin kantor baru... Tapi pas baca email kok ada pemberitahuan ttg award dari 'internet sehat' watcher. Katanya sih blog ini jadi juara minggu ini utk kategori pendidikan. Hore..!!! Eeh, alhamdulillah... (kok teriak dulu ya, baru nyebut?) Astaghfirullah....

Sebenarnya saya udah siapin 3 artikel nih ttg tha joy of being a copywriter dll.. Tapi file ketinggalan di PC, sementara postingnya cuma pake hape nih..

Ok deh, met belajar semuanya! Aku jalan dulu yach..! Buat semua yg nulis di shoubox, lam kenal kembali, met berkunjung, and tengkiu all!!

Rabu, Mei 20, 2009

Lagi Sibuk Nih...

Maaf ya seminggu ini jarang posting... Soalnya lagi set up a new company nih... Sering keluar, nego2 ama orang, tinjau2 lokasi dll...

Ini postingnya juga di jalan, pake mobile device...

Utk SS fm yang minta radio workshop di daerah... Boleh kok, silahkan jadi EO nya ya, karena mulai Juni nanti saya udah self-employed, sudah bebas, ngga punya ikatan dengan kantor sekarang... So bisa 'terbang' ke mana-mana :)

Ok deh, minta doanya aja agar semuanya lancar seperti yang kumau (halah, kayak liriknya lagu KD).

Tapi utk jawab forum sih.. Tetep.. Ada waktu yang saya dedikasikan kok... Cuma aneh nih, trend-nya sekarang pada ngga mau posting di forum, tapi malah konsultasi via email, padahal anggota forum... Gimana, coba! Malu, katanya. Uaneh ya?

Kamis, Mei 14, 2009

KESALAHAN COPYWRITER DALAM IKLAN RADIO

Masih ketika mudik, saya melewati kabupaten (atau kecamatan?) di pinggiran Kediri. Waktu itu hari sudah menjelang malam, saya mencari-cari channel radio yang bisa saya nikmati (maklum, image saya untuk daerah seperti itu adalah radio yang ‘norak’) jadi saya sibuk pencet-pencet channel. Tanpa diduga, saya menemukan satu station yang oke banget, dengan alunan lagu-lagu love memories dari musik manca negara. Wow… saya nggak nyangka aja kalau di daerah yang image-nya adalah “petani” seperti itu bisa ada radio yang memiliki siaran dengan taste internasional gitu.

Nah… lagi enak-enaknya nih, menikmati alunan musik merdu itu, eeeh… tiba-tiba dikagetin sama iklan yang ya ampyuuun… noraaaaak… banget! Iklan obat yang menggunakan talent seperti petani dan tukang batu, dengan gaya percakapan dan taste mereka. Byangkan, apa nggak “jomplang” banget tuh…image si radio…? Dan apa nggak salah banget tuh iklan yang tone and manner nya sangat jauuuh… berbeda dengan nature of the station…?!

Dari peristiwa ini saya bisa mengambil pelajaran, bahwa seringkali, dengan system produksi iklan yang terpusat di Jakarta ini, kita sebagai pelakunya tak mampu mengenali target audience kita secara benar.

Saya sedang bayangkan proses pembuatan iklan radio obat tadi:

CW (Copywriter): targetnya siapa? tayang di mana aja..?
AE : rural area deh.. menengah bawah gitu...

Lalu si copywriter membayangkan… oh, orang-orangnya pasti deh kebanyakan petani, sukanya dangdut, cara ngomongnya gini…. Dan jadilah sebuah iklan yang sesuai dengan target audience yang ia bayangkan…

Padahal kenyataanya..? Si media planner memilih stasiun radio berdasar banyak-sedikitnya jumlah pendengar.. tanpa pernah benar-benar tahu (atau memberi tahu orang kreatif) pada segmen apa dan seperti apa materi itu akan ditayangkan….

So, apakah ini kesalahan copywriter? Atau system..?

Selasa, Mei 12, 2009

THE POWER OF RADIO

Ketika mudik kemarin, saya seolah-olah melakukan perjalanan Tour de Java melewati berbagai kota, dari Jakarta, Solo, Kediri hingga Surabaya. Selama itu pula, yang menemani kami adalah radio-radio local, yang tanpa saya sadari, telah ‘memperkaya’ diri saya dengan berbagai macam kebudayaan, insight dan warna-warni local yang tak terbayangkan sebelumnya.

Perjalanan itu pada akhirnya memperkuat keyakinan saya, akan betapa kuat sebenarnya pengaruh radio di daerah-daerah. Di komunitas-komunitas local. Sebab radio ternyata merefleksikan karakteristik social masyarakat di suatu daerah tertentu. Contohlah Surabaya, di mana ada sebuah radio yang nyaris tanpa musik (aneh bukan? Sebab kebanyakan orang mendengarkan radio karena ingin mendengarkan musik atau mencari hiburan). Namun, di sini TIDAK. Mereka justru mendengarkan stasiun radio SS ini untuk beritanya yang sangat actual!!

Seberapa actual sih..? Sangat, sangat. Bahkan lebih hebat dari siaran live di TV TV. Saya kasih gambaran ya…?

Suatu hari ada seorang pendengar yang menelpon ke stasiun ini karena kehilangan mobil. Dan pada saat itu juga sang penyiar langsung mengudarakan cirri-ciri mobil yang hilang. Apa yang terjadi? Beberapa detik kemudian ada penelpon yang mengaku melihat/mengenali mobil dengan ciri-ciri tersebut. Lantas penyiar langsung menghubungi pihak kepolisisn yang rupanya juga memantau stasiun radio yang sama. Nah… terjadilah di sini situasi pengejaran yang LIVE melalui suara! Menegangkan dan mencengangkan…!

Saya yang bukan orang asli Surabaya cukup terkejut dengan jiwa gotong royong dan sifat caring dari warga kota buaya ini. Saya nggak bisa membayangkan hal semacam itu terjadi di Jakarta. Tidak.

So, jelas sekali bahwa radio itu bersifat komunal. Nah…, bayangkan, bagaimana kalau kita beriklan secara cerdas di medium seperti ini…? Maka kita akan mendapatkan simpati dari loyal audience..!!

Contoh lain saya dapati ketika melintasi daerah Sragen, di mana ada radio suara QUR’AN, yang tentunya cocok sekali untuk mengiklankan segala macam produk yang berhubungan dengan agama: perlengkapan haji, baju muslim, makanan halal, kosmetik musilmah dll. Lalu, ada lagi SUARA MATESIH yang melakukan siaran dengan menggunakan bahasa Jawa Inggil yang mulai langka. Sungguh suatu niche market yang akan sangat efektif untuk suatu brand yang memiliki sasaran yang sama!

Kekuatan radio sebagai suatu media komunikasi tidak terbantahkan lagi, meskipun semakin banyak siaran TV, majalah serta internet. Masalahnya hanya, para pelaku bisnis komunikasi di agency seringkali kurang bisa memanfaatkan medium ini secara cerdas!

Kamis, Mei 07, 2009

Copywriter Needed!

Krisis boleh krisis... tapi lowongan buat copywriter ada terus tuh..??!! Coba aja simak yang terbaru ini:

Dicari: Copywriter

syaratnya:
- punya pengalaman,
- cerdas,
- siap pitching,
- multi tasking,
- crisis handle,
- kreatif & yakin bgt sama skill kamu.

Kalo ok,kirimin CV.resume dan portfolio ke andy_priatna2000@yahoo.com (andy(underscore) priatna2000( at)yahoo( dot)com) paling lama pertengahan mei 2009.

Senin, Mei 04, 2009

COYWRITER VS PENIPU: KREATIF MANA?!

Hari ini di milis ada yang posting ttg modus penipuan baru sebagai berikut…

Kejadian tadi pagi yg cukup menghebohkan dirumahku..
Sepupuku yang juga tinggal serumah denganku datang dan dengan semangat menunjukkan kalo dia baru saja menemukan kupon undian berhadiah mobil Daihatsu sirion dari produk detergen XXXXX dari PT XXXXX XXXXX. Kami sekeluarga pun berkumpul dan melihat dengan seksama kupon tersebut.Awalnya kami semua curiga tetapi kecurigaan itu segera hilang karena di dalam kemasan tersebut ditemukan kupon berhadiah dengan no PIN, surat pengesahan dari Kepolisian serta sertifikat.. .

Lalu kami menghubungi no telpon yg tertera di kupon tersebut.Setelah menghubungi no telpon tsb, kami diminta untuk mentransfer sejumlah uang ke rek. pribadi. Saat itu juga kami pun sadar bahwa hal ini adalah penipuan modus baru. Sebenarnya sejak awal kami sudah curiga sebab sabun cuci tersebut tidak pernah kami beli dan kami temukan di depan teras rumah kami. Mungkin seseorang telah melemparkannya ke dalam rumah. Kemudian No Telpon yang diberikan bukanlah no kantor ataupun Instansi melainkan telpon flexi..

Kami tetap bersyukur akan kejadian ini karena paling tidak kami menjadi lebih hati2 karena saat ini banyak sekali modus2 penipuan dengan cara memenangkan hadiah tertentu. Mudah2an PT Wings Surya bisa mengambil tindakan akan kejadian ini sebab yang saya baca dari milist tetangga sudah banyak orang yang hampir tertipu dengan kejadian semacam ini. Untung saja kami tidak sempat menjadi korban.

Untuk teman2 diharapkan lebih berhati2 karena penipuan ini sangat terencana dan professional karena adanya surat pengesahan dan sertifikat yang dikeluarkan oleh Kepolisian. Mungkinkah aparat kepolisian juga terlibat dalam hal ini? We don't know tapi paling tidak kita harus lebih jeli.Agar tidak menjadi korban penipuan...


Ada lagi yang modusnya bahkan pakai modal nganterin mobil beneran! Lalu pas test drive si pemenang diculik dan ATM nya dikuras! Opo ora kreatif??!!

Belum lagi berbagai modus penipuan / pemalsuan barang ini itu yang sering kita lihat di laporan investigasi di TV TV itu…! Wow, saya suka kagum aja sama kreativitas mereka!! Ide-idenya itu lho..? Mencengangkan!

Heran, org Indonesia nih sebenernya kreatif-kreatif! Tapi kok malah digunakan untuk yang negative yach…?! Cobaa… aja para copywriter mampu mewarisi ke kreatifan mereka ini…! Pasti banyak deh iklan-iklan yang lebih menarik, lebih mecengangkan….!!

Halah.