Jumat, September 26, 2008

MUDIK...MUDIK...MUDIK

Kepada semua pengunjung, saya pamit untuk mudik dulu ya! Libur posting mulai besok sampai pertengahan oktober deh... (lama amat ya?!!)

Selamat berlebaran, selamat Idul Fitri!

Mohon maaf bila ada kata yang kurang berkenan...!

Kamis, September 25, 2008

BAGAIMANA CARA MEMENANGKAN AWARD?


Hehe… ini pertanyaan yang sering saya terima, tapi jarang bisa saya jawab. Soalnya, award itu award yang mana dulu???!!! Kan tiap juri beda-beda tuh..?? Tapi ya, sebisa mungkin deh saya jawab di sini. Soalnya beberapa juri citra pariwara pernah membeberkanya.

Tapi, Ya, gitu deh… mengenai award-award an ini emang masih banyak kontroversi, ada yang bilang penting ada yang bilang nggak. Tapi kenyataanya, para CD tetap saja lebih memberi peluang dan perhatian kepada anggota tim kreatif yang berkelas ‘award winning’.. sehingga ya hukum ekonomi lah yang berlaku. Siapa yang langganan menang award, biasanya punya bargaining power yang tinggi di pasaran. Siapa yang ngga mau???!!!

Bagi anda-anda yang terobsesi berat untuk dapet award, maka cara paling mudah untuk ‘meraba’ selera atau standar juri dalam suatu perlombaan adalah dengan mempelajari mater-materi pemenang pada tahun-tahun sebelumnya.

Yup. Kebanyakan pemberian award untuk kreatif memang melulu bertumpu pada “materi” kreatif itu sendiri, tanpa menilai impact yang ditimbulkanya di pasar. Jadi, pastikan bahwa materi yang anda buat memang staggering sebagai sebuah materi tunggal.
Seperti pernah saya ulas di artikel berjudul “criteria ide yang baik”, maka biasanya seperti itulah criteria yang dianut para juri: idenya simple, segar, mampu menggerakkan emosi, tapi tetap relevant dengan brand promise.

Yang seringkali dilupakan pekerja kreatif adalah peran client dalam masalah award-award an ini. Hei, menurut saya, anda harus cukup beruntung untuk memiliki klien yang yang baik/bisa diajak berlogika/open minded untuk bisa meloloskan materi kreatif yang benar-benar layak disebut ‘kreatif’ oleh para juri. Jadi, ketika melakukan presentasi, cobalah sebisa mungkin ‘memaksa’ klien mendengarkan presentasi/ rationale anda. Terimalah debat dan kritik mereka. Jadikan itu ‘pupuk’ untuk membuat anda terpacu menciptakan karya yang lebih baik lagi…

Ingat, hanya mereka yang mampu menerima kritik secara terbukalah yang mampu memperbaiki diri!

Rabu, September 24, 2008

DUNIA PROFESI ITU MEMANG SELEBAR DAUN KELOR KOK…

Hari ini di milis ada yang postingin CV-nya dan teriak-teriak cari kerjaan. Anehnya, dia juga cantumin current and expected salary, lagi! Hehehehe… speechless deh. Orang seperti ini jelas sekali apa masalahnya.

Saya ingatkan ya, dunia profesi itu Cuma selebar daun kelor…jadi, please, jagalah attitude anda! Sekali anda memasuki dunia suatu profesi (katakanlah, dunia copywriter) maka ingatlah bahwa anda memasuki suatu komunitas terbatas; di mana orang saling tahu, saling memberikan referensi. Terutama, para pemilik perusahaan. Mereka biasanya saling mengenal karena duduk dalam organisasi yang sama, atau pernah bekerja dalam suatu perusahaan yang sama.

Dalam buku saya, masalah attitude ini saya cantumkan sebagai salah satu factor pendukung/tambahan bagi seorang copywriter. Sebab seringkali ada mereka yang memiliki skill yang cemerlang namun memiliki attitude yang kurang baik, sehingga akhirnya akan tersingkir dari gelanggang… atau menjadi pekerja marjinal yang hanya diperlukan saat perusahaan mengalami titik kritis saja.

Attitude yang baik, sebaliknya, seringkali bisa membawa seseorang yang bertalenta biasa saja ke jenjang karir yang tinggi.

Kalau kita simak kembali kasus orang yang posting CV dan bahkan salary di milis itu, adalah contoh orang yang memiliki attitude yang buruk. Ia tak mengerti norma. Bisa dibayangkan deh, bekerja dengan orang yang begini…

Hiiiy..!!

Selasa, September 23, 2008

BETULKAH, MENJADI COPYWRITER ITU MUDAH?!

Di blog ini, pernah ada yang berkomentar bahwa ternyata menjadi copywriter itu gampang (setelah dia membaca buku saya). Tapi, benarkah? Pertanyaan itu terlontar di benak saya ketika pagi ini, kembali saya harus memutuskan hubungan kerja salah satu copywriter muda. Seorang sarjana sastra Inggris yang baru saja kami terima setelah melalui tahapan diseleksi dengan ketat, dengan persaingan yang cukup lumayan, akhirnya harus kami lepaskan. Kenapa?!

Bagi saya pribadi, memang menjadi copywriter adalah pekerjaan paling mudah dan paling menyenangkan di dunia! Secara, saya ini sarjana FMIPA – IPB yang materi kuliahnya sering bikin pingsan orang. Ilmu-ilmu kalkulus, fisika murni de el el yang susssahh.. banget. BIkin otak panas waktu mempelajarinya. Sedangkan kerjaan copywriter? Hahahahah! Hampir ngga pernah bikin otak panas. Paling-paling… suntuk gitu deh… Nah, mungkin perasaan itulah yang ter-refleksi dalam buku yang saya tulis. Sehingga, begitu pula penerimaan para pembaca.

Kembali saya ingatkan, bagi anda yang ingin menjadi copywriter: pekerjaan ini membutuhkan rasa cinta yang besar, dedikasi yang besar, kemampuan olah kata yang baik, serta kemampuan berfikir yang logis. Tambah lagi, pekerjaan ini membutuhkan kemampuan ber-bahasa Inggris yang lumayan. Tapi, kalau anda ingin diterima bekerja di perusahaan multinasional, kemampuan berbahasa asing menjadi suatu keharusan!

Seringnya saya meilhat kegagalan calon-calon copywriter dalam mengembangkan diri (atau bahkan menumbuhkan kemampuan) adalah karena mereka kurang ‘mencintai’ apa yang mereka lakukan. Akhirnya, ya… hasil kerjanya jadi biasa-biasa saja.

Menjadi copywriter seharusnya bukanlah menjadi pekerja, melainkan seorang pecinta. Hanya dengan itu, seseorang bisa bertahan dan menjadi cemerlang dalam terjangan badai pekerjaan: review, revie, review, brainstorming, presentasi, kritikan client, dan…super-duper tight deadlines!!!

Kamis, September 18, 2008

COPYWRITER NEEDED!

Lowongan ini diposting tgl 17 Sept., semoga bermanfaat…

WANTED: passionate COPYWRITER with a Midas touch in any kind of ads.

Send your resume/CV to coolkulinci@ yahoo.com

Rabu, September 17, 2008

MENGAPA SAYA MEMBUAT FORUM BERBAYAR?


Postingan ini saya tulis karena rasa “nggak enak hati” saya kepada para anggota forum yang sudah membayar untuk log in, tapi tak pernah bertanya apa-apa… laaah???!! Lantas, ngapain pada bayar? Hhhh…. (sedih).

Sebenarnya, ketika saya memutuskan untuk membuat forum berbayar itu, adalah karena begitu banyaknya orang yang bertanya ini – itu dan bahkan mengirimkan hasil karya mereka untuk meminta pendapat professional saya. Well. Betul sih saya suka berbagi, tapi… ada waktu dan keahlian professional saya yang memang berharga. Jadi, untuk keperluan seperti itulah forum ini saya dirikan. Yaitu: mendedikasikan sebagian waktu dan keahlian saya untuk membantu pekerjaan maupun portofolio mereka yang ingin menjadi copywriter. Saya juga dengan senang hati akan memberikan rekomendasi kepada suatu perusahaan tentang bakat yang saya temukan. Dan , bakat ini adalah murni pendapat saya tentang seseorang yang memang cemerlang!

Jadi, sebelum masuk forum, tolong fikirkan lagi: saya membuatnya untuk membantu. Adanya fee untuk afffilate saya, itu hanyalah merupakan bonus dari para anggota. Saat ini masih berupa affiliate sederhana yang merupakan keanggotaan gratis atau buku gratis bagi anggota yang membawa teman masuk forum. Ya, memang sih… bisa saja berkembang menjadi fee berupa uang yang bisa ditransfer. Tapi terus-terang, saya belum punya cukup “ilmu” untuk meramu affiliate ini. Jadi, please, jangan masuk forum HANYA karena ingin mendapatkan uang dari system Affilate ini. Mungkin anda akan kecewa…

Oh ya, saat ini bursa kerja Freelance yang saya posting di Forum juga masih sepi (baru dua biji). Jadi, ini pun jangan diharapkan dulu ya? Karena saya juga membatasi diri untuk menerima job. Soalnya, saya belum bisa ‘melihat’ bakat para anggota forum ini… selain (mungkin) bakat menterjemahkan belaka…

Saran saya, jangan joint forum kecuali memang motivasi anda adalah belajar dengan serius…! Atau ingin meningkatkan keahlian anda dalam menulis naskah (saya tahu, beberapa perusahaan local tak memiliki creative irector yang bisa membantu mereka dalam meningkatkan kemampuan. Jadi di Forum ini lah saya dedikasikan diri untuk membantu…)

Terimakasih semuanya!

Selasa, September 16, 2008

LOWONGAN COPYWRITER

Lowongan ini diposting hari ini di milis, semoga berguna...

Lowongan COPYWRITER di urbanesia.com, web portal yang menyediakan web
city directory untuk kota2 besar di Indonesia (sekarang ini Jakarta)

Kualifikasi:
1. Berpengalaman menulis salam Bahasa Indonesia.
2. Suka mengikuti trend2 di Jakarta dan aktif (suka keluar2)
3. Tidak gaptek dan update dengan dunia internet Indonesia dan luar
4. Kemampuan bahasa inggris: sedang, lebih baik kalau bagus

Dijamin: Jam Kerja yang stabil
Ketentuan: Lelaki atau perempuan max 28
Lokasi : Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan

Kirim CV lengkap, berikut portfolio dan gaji yang di inginkan ke
job@urbanesia. com ( job[at]urbanesia. com )

Senin, September 15, 2008

BAGAIMANA MULAI BELAJAR MENJADI COPYWRITER?


Beberapa hari lalu, saya mendapat email ini. Pertanyaanya cukup mendasar, dan jawaban saya cukup umum. Sengaja saya posting di sini, karena beberapa kali ada teman-teman yang menanyakan hal yang sama. Jadi, saya fikir... jawaban saya ini mungkin berguna bagi mereka juga. Nah, selamat membaca!

Dear Mbak Nunu,
> Saya sedang memasukkan keyword copywriter
> course ke google, sampai nyasar ke blog mbak Nunu. Saat ini
> memang saya sedang mencari kursus untuk menjadi copywriter.
> Baru setahun saya terjun ke dunia menulis dan saat ini saya
> bekerja di majalah XXX (sensor by Nunu) sebagai penulis-- yang dalam
> perjalanannya membuat saya juga tertarik menjadi copywriter.
>
> Kira-kira apakah mbak Nunu bisa memberikan
> info dimana atau bagaimana saya bisa menjadi seorang
> copywriter. thanks sebelumnya.


Jawaban Nunu:

Saat ini sih kalau sekolah offline ngga ada yang spesialis ke sana. Bahkan ITKP, sekolah advertising sendiri pun, hanya mengajarkan basic banget (ada beberapa anak di kantor yang alumni sana).

Kalau mau belajar yang bisa dipraktekkan, coba deh baca buku aku berjudul "How to Become a Good Copywriter". Di sana ada how to prepare portfolios dan bagaimana memasuki dunia per-CW-an.

Kalau kamu udah baca semua, coba siapkan portfolio kamu, bisa konsultasi sama aku melalui forum. Nanti aku kasih kritik dan saran atas portfolio kamu itu di forum.

Kalau kamu mau lebih serius lagi, coba ambil certificate of excellence. Di situ kamu akan aku beri kesempatan 'ujian' dalam mempertahankan portfolio kamu. Tim penguji akan terdiri dari setidaknya 3 Creative Director. Dan kalau lulus dengan pujian, aku bisa pastikan akan banyak agency berebut merekrut kamu! Soalnya teman-temanku yang jadi CD di beberapa agency sangat percaya mengenai kemampuanku menyeleksi maupun menilai seorang copywriter. Secara aku ini kritis dan galak banget :( ke junior-ku. Hiks. Ada salah satu copywriter-ku yang bahkan menjuluki aku "dewa" ...

Nah, langkah pertama emang baca buku itu. Sebab isinya udah lengkap banget. Sengaja aku tulis buat share ilmu yang aku tahu. Silahkan donlod buku itu di http://copywritingskill.com

Caranya?
Coba masuk ke halaman eBook, klik buku yang kamu inginkan lalu klik checkout. Nanti kamu bakal dapet order number. Selanjutnya, admin akan memandu kamu ke langkah-langkah berikutnya.

OK. Selamat belajar! Tapi ingat: menjadi copywriter itu satu bidang yang sangat berbeda loh dengan menjadi penulis majalah? Siap???!!!!

Love,
Nu2

Kamis, September 11, 2008

LOWONGAN COPYWRITER DI BANDUNG!

Lowongan ini diposting di milis tgl 9 Sept 08.
Silahkan bagi yang berminat…

Perusahaan Kreatif membutuhkan Copywriter.
Kualifikasi :
1. Pria/Wanita max. 28 tahun
2. Hobi menulis dan kreatif
3. Mampu mengolah naskah iklan dan artikel
4. Komunikatif, mampu menangani redaksi newsletter/sejenisn ya
5. Berdomisili di Bandung
Kirimkan CV, portfolio dan karangan 1 halaman tentang diri sendiri ke
stefanie@creasionbr and.co.id

Rabu, September 10, 2008

THE POWER OF COPY CRAFTING


Isi Pesan yang sama dengan CARA PENULISAN yang berbeda, bisa memberikan impact yang sangat berbeda pula. Itulah yang saya sebut sebagai kekuatan crafting. Kekuatan untuk berolah kata, salah satu elemen penting dari 3C yang harus dimiliki oleh seorang copywriter yang baik.

Coba simak cerita berikut ini, dan lihat bagaimana kalimat yang berbeda bisa menimbulkan efek yang berbeda pula…

A blind boy sat on the steps of a building with a hat by his feet. He held up a sign which said: 'I am blind, please help.' There were only a few coins in the hat.

A man was walking by. He took a few coins from his pocket and dropped them into the hat. He then took the sign, turned it around, and wrote some words. He put the sign back so that everyone who walked by would see the new words.

Soon the hat began to fill up. A lot more people were giving money to the blind boy. That afternoon the man who had changed the sign came to see how things were. The boy recognized his footsteps and asked, 'Were you the one who changed my sign this morning? What did you write?'

The man said, 'I only wrote the truth. I said what you said but in a different way.'
What he had written was: 'Today is a beautiful day and I cannot see it.'

Do you think the first sign and the second sign were saying the same thing?

Of course both signs told people the boy was blind. But the first sign simply said the boy was blind. The second sign told people they were so lucky that they were not blind. Should we be surprised that the second sign was more effective?

Senin, September 08, 2008

LOWONGAN COPYWRITER

Lowongan berikut diposting di milis tgl 2 Sept.
Semoga berguna buat yang membuatuhkan...!

PT Midas Solusi Utama (MSU) which specializes in Creative Design, Management Consulting and IT, seeks applicants for the positions:

4. CopyWriter (CW)

Requirement :

* Female/Male
* Min. D3 Graduate
* Min. 2 years ecperience in advertising agency, newspaper/magazine
* Able to work underpressure and tight deadline
* Having knowledge about visual is a plus point
* Organized, Innovative, Ambitious anda high self initiative
* Good attitude
* Good in English
* Good communication

Fresh graduates are certainly welcomed. The most important requirement is for you to have a 'can do' attitude and are challenged in working for a growing, fast-paced company. New technologies are greatly accessed, and open source ideologies are greatly appreciated
Please submit your CV, cover letter, recent photo, expected salary and Portfolio with position applied on email subject or top left of the envelope before 28 September 2008 , to:
HR Department
PT Midas Solusi Utama
Jl. Bangka VIII No. 26 A
Mampang Prapatan
Jakarta Selatan 12720
Or by e-mail to: hrd@midas-solusi. com
ONLY SHORT LISTED CANDIDATE WILL BE NOTIFIED

Selasa, September 02, 2008

SLOGAN YANG KUAT KADANG TAK MEMBUTUHKAN HEADLINE



Seperti pernah saya tulis sebelumnya, bahwa slogan adalah positioning dari suatu merk. Ia adalah merupakan inti dari sebuah komunikasi, dan merupakan saripati dari strategi kreatif.

Seorang copywriter yang handal akan mampu mencipta slogan yang kuat. Slogan yang kuat seringkali tak lagi memerlukan judul untuk mengkomunikasikan produk.

Gambar-gambar ini adalah contoh bagaimana suatu slogan yang kuat tak memerlukan headline apa pun. Seri iklan ini memenangkan gold award dalam festival Cannes 2004.

Coba lihat, slogan dari Veja magazine ini adalah “Get Both Sides” yang kurang lebih menawarkan pemberitaan dari dua sisi yang berbeda. Nah, visualnya secara cerdas telah didesain sedemikian rupa untuk menampilkan satu wajah dengan dua sisi:
Wajah Bush dengan sisi peace di keningnya dan war di bagian mulutnya. Bisa lihat kah?

Sementara wajah Osama bin Laden digambarkan dengan sisi dead dan alive. Can you see it??!
Kumpulan pemenang lain bisa anda download di copywritingskill. Saya berikan GRATIS bagi anggota forum yang joint di bulan September ini.

Pls enjoy!