Jumat, Mei 30, 2008

MENGAPA COPYWRITER DIBAYAR MAHAL?


Sewaktu masih jadi freelancer di Surabaya, ada satu Production House yang ‘menjerit’ kalau ditawari copywriter. Apa pasal?
“Mahaaal… jangan copywriter! Penulis biasa ajaa…!”
Hihihi… jadi gitu ya? Image copywriter tuh = mahal???
Tapi… kalo difikir-fikir sih bener juga ya?

Selain sebagai copywriter, saya juga suka menulis fiksi, komik, dan puisi. Nah. Pada tahun 90 an, honor cerpen saya yang dimuat di Femina (bukan majalah sembarangan lho?) hanya Rp 130 000,-, dikirim via wesel (kunonya????). itu pun baru dimuat setelah 1 tahun saya kirim (sampai saya sendiri lupa pernah ngirim kok).
Pada saat yang sama, saya membantu teman membuat judul (hanya membuat JUDUL DOANG loh?), yang saya kerjakan selama 15 menit, saya dibayar Rp 200 000,- Haaaa???
Lihat dong, perbedaanya?!

Kenapa dong, kok harga copywriting itu mahal? Mungkin karena ini:
Penulis cerpen adalah penulis idealis yang menulis menurut kata hatinya, tanpa tekanan. Tanpa tuntutan. Cerpen adalah murni kreativitas, seenak udelnya! Nulis sampai puas.
Sementara penulis naskah iklan adalah penulis PROFESIONAL yang dibayar. Dia harus menulis sesuatu sesuai pesanan, dalam tempo waktu tertentu yang telah ditetapkan (deadline), dan tetap harus kreatif! Nah lho. Itu yang susah???
So… no wonder ya copywriter itu nahal???!!
Soalnya, dibayar untuk TAHAN STRES sih! Hihihihi…

Selasa, Mei 27, 2008

DUA LOWONGAN SEKALIGUS!!

1. Sinar Mas membutuhkan A.S.A.P copywriter yang berpengalaman juga
membangun script AV untuk keperluan perusahaan.

requirementnya:
S1 DKV, periklanan, atau perfilman
Microsoft office juga dong
bisa PC atau Mac
lebih bagus kalo bisa Adobe family
pengalaman diatas 1 tahun di PH atau advertising (inhouse juga
boleh kok)

kirim lamaran lewat email aja
orbavianus.harefa@ sinarmasforestry .com

2. B;Integrated dan bergerak di bidang Integrated Brand Communications membutuhkan 1 (satu) Copy Writer dan 1 (satu) Art Director dengan
kualifikasi sebagai berikut:

1. Pengalaman kerja sebagai Copy Writer minimal 2
tahun.
2. Usia di bawah 30 tahun.
3. Menguasai Bahasa Inggris secara baik.
4. Mampu bekerja sama dalam tim.
5. Pekerja keras dan deadline oriented.
6. Memiliki pengetahuan luas.
7. Minimal pendidikan D3.
8. Kreativitas tinggi.


Bagi yang tertarik, silakan mengirim lamaran disertai
dengan portfolio ke:

Rizkiyanto
Creative Manager
B;Integrated
Jl. Darmawangsa XII/118
Kebayoran Baru
Jakarta 12160
Email:
kiki@b-integrated. net

Jika melalui pos, harap menuliskan kode lamaran
(CW/AD) di pojok kiri atas amplop.

Jika melalui email, harap menuliskan kode lamaran
(CW/AD) di subject email.

Senin, Mei 26, 2008

FREELANCE WRITER NEEDED!

Saya sedang PERLU BANGET seorang copywriter fleelance untuk hari RABU ini (tgl. 28 Mei). Syarat:

- Berpengalaman menulis feature reporting (harap lampirkan contoh karya)
- bisa bertugas ke luar kota selama 3 hari
- senang kegiatan outdoor

Bagi yang berminat silahkan reply ke nunusijilbab@yahoo.com

SCRIPT RADIO KEREN


Naskah iklan Radio ini ditulis Tony Hertz. Saya posting ini karena beberapa hari lalau ada yang minta contoh naskah iklan. Lagipula, ini naskah keren banget, siapa tahu bisa jadi bahan referensi?

Sebenarnya, dalam buku yang saya tulis, sudah banyak contoh aneka naskah iklan/script. Mulai dari naskah iklan cetak, poster, company profile, radio, TV, bahkan web. Namun, bagi yang belum punya, secuil ini mungkin berguna...

JUDUL: Pendidikan Kesehatan "Departemen Bunuh Diri”

Pejabat : Ada yang bisa saya Bantu?
Pemohon : Oh ya, saya ingin bunuh diri
Pejabat : Baik. Anda tertarik dengan cara yang dramatis? Kami bisa menyediakan kesempatan di jembatan Forth…
Pemohon : Wah, jangan. Saya takut ketinggian
Pejabat : Oh. Bagaimana dengan gas kompor?
Pemohon : Ngga bisa, rumah saya pake kompor listrik.
Pejabat : Sayang sekali. Bagaimana dengan penggunaan obat melebihi dosis? Ini cepat dan rapi
Pemohon : Sebenarnya sih… saya ngga buru-buru…
Pejabat : Oh, mengapa tidak bilang dari tadi? Kami punya satu cara jitu. Anda cukup menghisap…
Pemohon : maksudnya, rokok?
Pejabat : Betul. Ini cara yang sangat alamiah, perlahan, murah. Anda juga bisa membuat orang lain merasa tak nyaman, serta anda dapat meninggalkan kehidupan dengan banyak cara..
Pemohon : begitu ya?
Pejabat : Ya. Kanker tenggorokan, kanker paru-paru, sesak nafas, sakit jantung..
Pemohon : Bagus sekali. Terimakasih banyak!
Pejabat : Semua ini sudah bagian dari pelayanan kami. NAmun ada satu hal yang harus anda ingat, proses ini makan waktu dan ada kemungkinan anda tetap hidup…
Pemohon : Tak apa-apa. Saya coba saja. Bisa pinjam korek api?
Pejabat : Silahkan…
SFX : PEMANTIK API DINYALAKAN
Pemohon : Terimakasih..(MENARIK NAFAS) Oh…kesehatan saya langsung terasa memburuk… (BATUK2)

Gimana, keren khan? Kalau mau melihat contoh naskah iklan radio lebih banyak lagi, coba baca buku kedua saya yang berjudul "How To Create Good Radio Commercial" di halaman ebook copywritingskill.com (atau klik gambar bukunya di pojok kiri atas blog ini). ok?

Happy reading..!

Senin, Mei 19, 2008

ORANG SEPERTI APAKAH YANG COCOK JADI COPYWRITER?


Kalau mau enjoy sebagai copywriter, maka orang tersebut haruslah memiliki sifat dan sikap yang sesuai dengan “nature” nya pekerjaan seorang copywriter yang penuh tantangan, penuh tekanan, demanding dan tight schedule itu!

Kalau anda memiliki sifat seperti berikut ini, maka mungkin anda akan hidup bahagia selamanya sebagai copywriter…
1. Suka menulis (harus!)
2. suka membaca (lebih baik)
3. suka mengamati
4. suka berfikir (harus!)
5. kreatif/banyak ide
6. suka tantangan
7. suka menganalisa
8. suka bersosialisasi
9. memiliki kecerdasan verbal
10. bersifat terbuka
11. suka mendengarkan
12. suka bersaing
13. suka menentang arus
14. suka nakal/jahil
15. suka hal-hal yang aneh/unik
16. tahan terhadap tekanan/ ngga mudah stress
17. bisa bekerja dalam tim (bisa dipelajari)
18. bis menyatakan pendapat di depan umum (bisa dipelajari)
19. percaya diri (bisa dibangun)
20. mampu mempengaruhi orang (bisa dipelajari)

Hehehe…berani ngga loe???!!!

Kamis, Mei 15, 2008

TERLAMBATKAH SAYA BELAJAR JADI COPYWRITER ? SEASON -2


Ciiih…! Judulnya kayak film Smallville aje! Pake season-season-an. Hahaha..!

Postingan ini saya dediskasikan untuk seseorang yang saya hormati, yang menghubungi saya beberapa waktu lalu. Beliau adalah seorang mantan direktur di suatu lembaga kenegaraan (mantan pejabat neeeeh…!) Usianya sudah kepala 6 mendekati 7, seusia om saya lah… Tapi, yang membuat saya terkesima adalah… beliau masih mau belajar copywriting! Sungguh. Saya betul-betul merasa terhormat. Apalagi setelah saya lihat embel-embelnya, boooook…! Pernah mendapat piala citra untuk penulisan scenario, pernah mendapat sertifikat penulisan berbahasa Inggris, titelnya pun segambreng! Ck…ck…ck… Tabik, dah.

Ketika beliau menanyakan kepada saya, APAKAH SUDAH TERLAMBAT untuk BELAJAR JADI COPYWRITER, maka inilah jawaban saya; jawaban yang mungkin bisa bermanfaat juga buat yang lain.. yang memiliki kegundahan yang sama.

Sejujurnya ya om, pendapat pribadi saya yang suka belajar ini: tak pernah ada kata terlambat untuk belajar, itu benar. Persis seperti tulisan saya di blog: ada umur kronologis, dan ada umur biologis. Ibu saya lahir tahun 1939, namun secara biologis, staminanya jauh lebih baik dari saya. Beliau tak pernah mau memekai pembantu meski rumahnya tiga kavling luasnya. Kemauanya untuk mempelajari gadget canggih pun masih ada. Hebat. Jadi, kalau yang kita bahas adalah BELAJAR nya... ya, itu tadi, kagak ada matinye...!(istilah orang Betawi). Sebab ilmu pengetahuan TIDAK PERNAH MEMBUTUHKAN ALASAN untuk dipelajari. Setiap ilmu pengetahuan pasti ada gunanya suatu saat (coba baca postingan saya berjudul "cuek boleh... tapi...")

Kalau pertanyaanya fokus pada MENJADI COPYWRITER, itu pun ada dua kondisi:
1. copywriter yang bekerja dalam satu perusahaan/agency
2. copywriter mandiri/freelance
yang mana nih?

Kalau menilik faktor usia, agaknya sulit bagi om untuk kerja di suatu agency. Kenapa? Karena copywriter biasanya bekerja dalam tim, bersama-sama dengan art director dll. Biasanya mereka ber-brainstorming bersama, presentasi bersama, bekerja hingga larut malam bahkan sampai pagi. Shooting pun begitu, bisa ngga tidur 30 jam. Jadi, faktor usia pasti jadi pertimbangan di sini.

Kemungkinan paling besar adalah menjadi copywriter freelance, yang banyak dibutuhkan oleh agency-agency kecil. Pekerjaanya antara lain membuat company profile, web script, annual repot dll. yang KEBANYAKAN ADALAH DWI BAHASA. Jadi, kemampuan menulis dalam bahasa Inggris dengan baik juga perlu. Meskipun untuk hal ini bisa kita minta tolong penterjemah, namun translator yang memiliki basic copywriting akan lebih baik.


Begitulah jawaban saya kepada beliau.

Rabu, Mei 14, 2008

MENJADI COPYWRITER ITU TERNYATA GAMPANG!


Begitulah komentar Arie, salah satu pembeli buku saya, ketika ia membacanya. Thanks ya Rie..

Sejujurnya, mungkin buku itu merefleksikan perasaan dan fikiran saya pribadi selama 18 tahun malang melintang di dunia periklanan Indonesia ini. Mengawali karir sebagai AE, akhirnya saya menemukan ‘pelabuhan’ saya sebagai copywriter. Title yang pada saat itu tak pernah didengar orang, apalagi dimengerti. Banyak orang mengira biro iklan itu identik dengan ‘tukang bikin papan reklame’ hehe… sampai-sampai ibu saya aja ngeluh..:
“Nduk…nduk..! Sekolah susah-susah di IPB kok Cuma jadi tukang iklan…!”
Whuaaaaa….!!

Herannya, semua hal negative itu tak pernah membuat saya menyesal. Kenapa? Karena pekerjaan ini adalah GUE BANGET. Pekerjaan ini begitu menyatu dengan pribadi saya:
Saya suka nulis, suka mikir, suka ngomong, suka ketemu orang, suka lukisan, suka seni, suka jahil, suka mengamati tingkah laku manusia, suka ngeyel, suka mempengaruhi orang. Lha! Itu semua modalnya copywriter je…! Pantes saya ngga pernah jenuh menjalaninya?

Ya, memang menjadi copywriter itu gampang, dan menyenangkan. Hihi… mungkin banyak nih orang yang pernah bekerja di bawah pimpinan saya ngga setuju dengan ini, soalnya mereka sering bilang:
“Bu Nunu tuh demanding banget. Jarang-jarang saya dipuji lho…?”
Hehehehehe…. Maaf… karena kriteria BAGUS dan GAMPANG buat saya, mungkin lain ya….?
Tapi, itulah yang sejujurnya.

Selasa, Mei 13, 2008

BELAJAR JADI COPYWRITER MULAI DARI NOL


Postingan ini saya tujukan untuk menjawab pertanyaan Umbu di Shoutbox, yang ingin belajar copywriting mulai dari nol.

Yap, sebenernya, blog ini saya dirikan untuk keperluan itu, yakni mencetak sebanyak meungkin kader-kader copywriter baru di Indonesia. Mengapa? Karena saya yakin, banyak sekali talenta di luar sana yang berhak untuk menjadi copywriter! Berhak untuk mendapat pekerjaan yang layak. Sehingga, dunia periklanan Indonesia lebih kompetitif dengan adanya talenta-talenta baru yang lebih baik, lebih cerdas, lebih kinclong.
Masalahnya, cukupkah dengan belajar di blog? Jawab saya: TIDAK. Kenapa? Karena blog ini TIDAK TERSUSUN RAPI, melainkan loncat ke sana ke mari seenak udel saya ketika mau nulis apa. Maafkan, tapi begitulah saya…ngga mau terkekang. Bagi saya blog ini semacam lempar uneg-uneg. Apa yang sedang “kling” di otak, langsung ditulis.

Nah…untuk mereka yang mau belajar jadi copywriter dengan sungguh-sungguh, saya udah menyusun buku yang lumayan rapi, urut, dan mudah dimengerti untuk itu. Silahkan donload di web saya yang lain (lihat link Nunu’s web di kiri bawah). Saya juga menyediakan waktu untuk berdiskusi (bahkan mensupervisi pekerjaan anda) di forum. Silahkan log in. Di web itu saya menjadi Nunu yang serius dan dedicated (mau ngga mau). Nah.. kalau di blog ini, ya… saya mau lebih banyak curhat aja..hehehehe…ngga mau TERBEBANI dengan apa pun.

Senin, Mei 12, 2008

BE CRAZY: CIPTAKANLAH DUNIA MU SENDIRI


Sebuah iklan radio sangat menarik perhatian karena mengumunkan adanya ‘Departemen Bunuh Diri’ (utk iklan anti rokok) dan “Pengumuman Pernyataan Tidak Bertanggung Jawab” dari sebuah minuman keras. Sayangnya, kedua iklan yang saya sebutkan tadi semuanya disiarkan di Inggris.

Pelajaran yang saya petik dari kedua spot radio itu adalah… untuk bisa menarik perhatian (yang merupakan hukum pertama dalam beriklan), maka tunjukkan ‘kegilaan’ sejak awal. Siapa juga deh, yang ngga bakal nengok ketika mendengarkan radio berbunyi begini: “Suatu pagi di departemen bunuh diri…”
“Kriiing….”
“Ya, halo? Departemen bunuh diri di sini, bisa saya Bantu…?”
That’s keeping people to listen!

Ya, kegilaan adalah salah satu alat agar kita diperhatikan. Namun, isi dari pesannya harus lah sesuatu yang logis, yang relevan dengan tujuan dari suatu komunikasi…
Menjadi ‘gila’ itu mudah. Namun ‘gila’ yang relevan, itu berbeda…

Inilah contoh Gila yang relevan itu:
Sebuah stiker peringatan ditempelkan pada sebotol minuman keras, bunyinya…:
‘Kami tidak bertanggung jawab atas perilaku orang-orang setelah meminum bir ini”

Secara implisit, stiker mengatakan bahwa minuman keras itu sedimikian kuatnya, dan – alih-alih membuat orang takut – malah menggelitik orang ingin mencobanya!

Jumat, Mei 09, 2008

BERAPA HARGA JUAL SEBUAH SCRIPT/NASKAH IKLAN?


Pertanyaan yang menggelayuti para freelance writer mungkin salah satunya adalah pertanyaan mengenai ‘rate’ atau harga pasaran sebuah script. Well…. Itu relative sih…

Penentuan harga sangat tergantung dari ‘kualitas’ copywriter itu sendiri, bukan? Masalah ‘pricing’ adalah masalah marketing… so use your sensee and knowledge.

Sekedar info: pada tahun 1999, saya yang waktu itu menjadi creative director akhirnya memutuskan untuk berhenti kerja dan menjadi freelance copywriter. Pada saat itu, saya menjual script radio saya dengan harga 1 juta/script. Kalau company profile, saya minta sampai 10 juta tergantung tingkat kesulitanya. Saya bahkan juga menjual (dan laku!) kemampuan saya untuk memandu suatu tim kreatif dalam brainstorming session. Sekali session saya meminta 1 juta. Untuk brosur dll. saya ngga begitu ingat, tapi kisaranya antara 500rb sampai 2juta.

Charging yang saya lakukan itu sebenarnya jauh lebih murah dari standart charge-nya agency. Hal ini saya lakukan karena kebanyakan klien saya adalah agency. Tapi kalau berhubungan langsung dengan klien… tentu lain lagi khan?

Tahun 2000-an, standart charging ini bisa berlipat ganda nilainya. Saya pernah memakai jasa freelancer untuk membantu pitching suatu proyek. Mereka (satu tim: copywriter & art director) menagih kita 10 juta untuk kerjaan sehari itu. Setelah saya tanya kanan kiri, eh, emang segitu pasaranya???

Kamis, Mei 08, 2008

DARI MANA KAH COPYWRITER MENDAPATKAN PENGHASILAN?


Kalo udah gawe di agency sih, jelas banget dapet gaji. Tapi di kalangan para pekerja kreatif yang udah bergaji ini pun masih ada ‘uang tambahan’ yang disebut side job, atau SJ atau SJDB. Hal yang sebenarnya ‘terlarang’ namun masih banyak dilakukan. Kenapa? Hehehe… apalagi kalo bukan “godaan rupiah?”

Tunggu dulu, kenapa juga deh masih ada klien-klien yang demen make tenaga SJ ini? Kan banyak biro iklan kecil yang ‘laper?’ Alasanya tentu: lebih murah. Klasik. Ada permintaan, ada penawaran.

Di sini lah sebenarnya peluang para ‘freelancer’ bisa berkarya. Bukan hanya ‘menjual’ dirinya ke agency, namun juga langsung ke klien. Biasanya, pekerjaan yang mereka tawarkan adalah pekerjaan yang ‘ga ada gengsi’ macem bikin laporan tahunan, company profile, web, booklet, brosur, newsletter. Ya. Pekerjaan yang biasanya bikin bete copywriter di agency. Tapi, jangan salah… uangnya gede lho?! Yang punya ‘order’ beginian malah biasanya perusahaan besar macam perminyakan, perbankan, pertambangan dll.

Baru-baru ini, ada fenomena paid blogger, yaitu penulis blog yang dibayar oleh perusahaan. Nah, di sini juga seorang copywriter bisa berperan tuh. Enak. Bisa kerja dari rumah. Cocok buat ibu rumah tangga. Paling-paling keluar bentar buat survey atau meeting.

Rabu, Mei 07, 2008

LOWONGAN UNTUK COPYWRITER (LAGI!)

Lowongan ini baru diposting tgl 6 Mei 2008. Jadi masih hangat…

Urgently needed copywriter handal:
- M & F, maximum 35 Years Old
- Memang profesi CW minimal 2 thn
- Jujur, Tanggung Jawab and Quality Oriented.
- Creative, Has great analitical skill and have a
broad minded knowledge.
- Can write in English too..

Kirim contoh portfolio in PDF, pick the best 3 out of
it. Kirim to info@ajitacreative. com

Selasa, Mei 06, 2008

LOWONGAN UNTUK FRESH GRADUATE!!

Halo Rateeh..? Mungkin buat cowo-nya?

Urgently Required: Copywriter

- Fresh Graduate tak masalah..tp yg berpengalaman lebih diutamakan.. .
(minimal udh pernah magang di advertising agency..)
- Cewek/Cowok no problemo...
- Willing to work hard
- Passion-nya besar
- Harus bisa bekerja baik dalam team maupun individual.

Itu saja.

Yg berminat cepetan kirim CV dan Portfolio ke:
tisna_709@ yahoo. com & sherly.marianne@ gmail. com

ditunggu hingga 15 May 2008.

regards,
-sherly marianne-
Cipta!Ad – Jakarta

Senin, Mei 05, 2008

ENAKNYA JADI COPYWRITER


Kerja di dunia iklan aja udah enak, tapi… menurut saya lebih enak lagi kalo jadi copywriter! Hehehe… secara ‘nulis’ adalah hobi saya.. ngerjain hobi, eh, dibayar! Mahal pula! Hahaha… opone gak uenak reeeek?!!

Kalu saya perhatikan, ada banyak sebab kenapa menjadi ‘copywriter’ itu menyenangkan… antara lain:

Copywriter itu bekerja lebih santai.

Ya iya lah… sementara para art director lagi sibuk cari photo stock, sibut touch up, supervise fotografi, dll. Para copywriter bisa ‘nangkring’ di sofa sambil baca-baca majalah… bilangnya sih cari consumer insight… tapi kan, siapa tahu..??!!! Saking santainya ulah para copywriter di kantor, pernah lho salah satu HRD trainee di Citra Lintas dulu sampai komentar: “copywriter itu ngapain sih digaji gede-gede? Kerjaanya Cuma baca majalah doang…!” Huahaaaa…. Ada benernya juga ya?

Copywriter lebih cepat maju karirnya.

Eits..! Para art director bisa marah besar nih dengan pernyataan ini. Tapi… itulah yang saya lihat. Hal ini tentunya berhubungan dengan kata “santai” di atas tadi ya. Karena copywriter notabene punya lebih banyak waktu untuk membaca, maka bagi mereka yang cukup efektif memanfaatkan waktu, maka dia bisa membaca buku-buku yang bermanfaat, melihat-lihat award winning ads, meningkatkan nilai dirinya dengan belajar. Ya ngga heran ada writer yang dalam hitungan 1 tahun aja udah bisa dipromosi jadi senior karena memang ‘growth’ nya luar biasa. So…writer, gunakan waktu luangmua dengan bijaksana!

Copywriter lebih berpeluang mendapat pujian.

Hih. Narsis ya! Haha.. ayo coba mari kita berhitung… Copywriter bisa mendapatkan pujian atau award dari hampir semua materi: print, radio, TV dll. Namun pernahkan kita mendengar nama art dir. Yang disebut ketika ada iklan radio menang? Nah!

Pernah suatu kali, Fachry Muhammad si pemilik Poliyama-Belle itu memerintahkan GM-nya untuk mencari creative director yang ‘copy-based’ saja. Alasanya? “Kalau copy based- itu, duit berapa pun bisa jadi iklan!"

Pernah juga ketika kami sedang mempresentasikan credential perusahaan kepada salah satu prospek/calon klien, dia bertanya: “Iklannya bagus-bagus, copywriternya siapa ?” Halah…! Partner saya yang kebetulan art-based tampangnya jadi gimanaaa… gitu!

Bab mengenai “The Joy and Sorrow of Being a Copywriter” ada di buku saya. Di sana tertulis pengalaman beberapa copywriter senior yang saat ini menjabat sebagai CD di beberapa agency.

Thanks!

Jumat, Mei 02, 2008

SERIBU WAJAH COPYWRITER

Copywriter adalah seorang salesman
Namun juga seorang actor

Copywriter adalah seekor bunglon
Namun juga seorang orator

Copywriter adalah seorang seniman
Namun juga seorang team player

Copywriter adalah seorang pengkhayal
Namun juga seorang marketer

Copywriter adalah seorang pemikir
Namun juga seorang surveyor

Copywriter adalah seorang pujangga
Namun juga seorang komunikator

Copywriter adalah seorang realis
Namun juga seorang oportunis

Copywriter adalah seorang analis
Copywriter adalah seorang humanis
Namun juga seorang kritikus

Copywriter, adalah satu manusia dengan seribu wajah dan sisi kepribadian

Isn’t that scary? Or interesting?